Ridwan Kamil Bawa 27 Jenis Tanah dan 27 Jenis Air dari Jawa Barat, untuk Dicampur di Kalimantan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Antaranews)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur dari semua provinsi di Indonesia pada Minggu, 13 Maret berdatangan ke Kalimantan Timur (Kaltim) untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka akan bersama-sama melihat lebih dekat rencana pembangunan IKN di Sepaku, Penajam Paser Utara pada 14 Maret 2022.

"Kami membawa tanah dan air dari 27 kabupaten dan kota yang kami kumpulkan di Bandung. Ini menyimbolkan tanah dan air dari Jawa Barat akan bersatu dengan tanah Ibu Kota Nusantara," ucap Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil di Balikpapan, Minggu, 13 Maret.

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut dengan tegas menyampaikan dukungannya untuk IKN setibanya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan bersamaan dengan Anggota DPR RI Dapil Kaltim Hetifah Sjaifudian.

Sementara itu Ridwan Kamil melalui akun Instagramnya, @riwankamil, mengatakan bahwa dirinya membawa 27 tanah dan 27 jenis air dari Jawa Barat untuk dicampur tanah Kalimantan.

“27 JENIS TANAH DAN 27 JENIS AIR Dari 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat kemarin dicampurbaurkan dan disatukan di Gedung Sate, untuk dibawa ke Ibu Kota Negara, Nusantara di Kalimantan.

Senin besok, Seluruh Gubernur diundang oleh Presiden ke IKN dan melaksanakan acara penyerahan air dan tanah dari 34 provinsi se Indonesia.

Semoga selalu dilancarkan pembangunan Ibu Kota Negara yang baru. Aamiin.”

Ridwan Kamil tidak merinci apa maksud dan tujuan mencampurkan tanah tersebut. Namun dari postingan tersebut, banyak netizen yang menyambutya dengan memberikan berbagai macam komentar.