Di Antara Para Gubernur, Nama Anies Baswedan Tidak Disebut dalam Undangan Berkemah Bersama Jokowi di Penajam Paser
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Minggu 13 Maret. Didampingi Iriana, sang istri, Jokowi menuju Kalimatan Timur dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, sekitar pukul 13.00 WIB.

Kepergian Jokowi untuk mengunjungi titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN). Dan rencananya Jokowi dan rombongan akan bermalam di sana untuk melanjutkan agenda hari Senin, 14 Maret, yakni menuju Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sosok pejabat yang mendampingi Presiden dalam penerbangan tersebut yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Kabarnya, Jokowi bersama lima gubernur di Pulau Kalimantan akan bermalam di lokasi titik nol IKN Nusantara, tepatnya di Penajam Paser Utara.

Dikutip dari era.id, Gubernur Kaltim Isran Noor, mengatakan bahwa sarana dan prasarana sudah dipersiapkan, baik jaringan listrik, telekomunikasi maupun yang lainnya termasuk tenda dan perlengkapan yang akan dipakai presiden menginap.

Isran menjelaskan, pada acara tersebut juga hadir sejumlah gubernur seluruh Indonesia, dan setiap gubernur yang hadir diwajibkan memakai pakaian adat masing-masing provinsi.

Namun diantara daftar nama-ama gubernur, tidak ada nama-nama gubernur yang mencalonkan diri maju di Pilpres 2024, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kata Isran Noor, yang akan menemani Jokowi berkemah dan bermalam di IKN Nusantara, hanya 5 gubernur .

"Karena ini ibu kota negara Nusantara, maka tamu (gubernur) akan memakai pakaian adat nusantara dari masing-masing provinsi, namun rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan, yaitu Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara," ungkap Isran.