Merasa Kebanyakan, Ibu Ini Mau Kembalikan Uang Jokowi Hasil Pembelian Minyak Goreng Tapi Ditolak
Tangkap layar via Channel YT Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Ini adalah cerita yang tersisa dari hasil blusukan Presiden Jokowi ke berbagai pasar di Yogyakarta mengecek ketersediaan minyak goreng. Mulai dari kejujuran ibu-ibu hingga ada kotoran yang menempel di rambut Jokowi.

Blusukan Jokowi pada Minggu 13 Maret kemarin dimulai pukul 09.05 WIB dari Pasar Kembang, Yogyakarta. Toko yang pertama didatangi Jokowi adalah Alfamart.

Saat tiba di sebuah minimarket yang berada di Pasar Kembang, Presiden langsung berjalan menuju tempat minyak goreng. Benar saja, dia akhirnya melihat secara langsung tidak ada stok minyak goreng.

"Sejak kapan tidak ada?” tanya Presiden.

"Baru tadi pagi Pak,” jawab penjaga minimarket.

Presiden pun menanyakan harga jual minyak goreng tersebut. “Kalau yang dua literan itu Rp28.000, tapi kalau yang satu liter itu Rp14.000,” ucap penjaga minimarket.

“Tapi datang lagi kapan?” tanya Presiden.

“Enggak mesti, Pak,” ucap penjaga toko tersebut.

Selain mengunjungi toko swalayan, Presiden juga mengecek langsung ketersediaan minyak goreng di pedagang yang berada di Pasar Beringharjo dan Pasar Sentul Yogyakarta. Di kedua pasar tersebut, Presiden menemukan harga yang bervariasi, mulai dari Rp14.000 per liter hingga Rp20.000 per liter.

Namun, tingginya harga minyak goreng juga tidak menjamin ketersediaan adanya stok. “Barang ada, tapi mahal ya,” ucap Presiden mengomentari tingginya harga minyak goreng. “Ada tapi lambat Pak, nanti kalau sudah habis lama lagi,” kata pedagang.

Jokowi lalu membeli dua botol minyak goreng merek Hemart. Dia lalu membayar minyak goreng itu dengan beberapa lembar uang Rp100 ribuan.

"Makasih Pak Jokowi," kata pria ini.

Tangkap layar via Channel YT Sekretariat Presiden

Lalu Jokowi bergerak ke tempat lain. Ada seorang ibu-ibu bermasker putih dengan batik warna biru. Jokowi terlihat berbincang cukup serius dengan ibu itu.

Sepertinya Jokowi menemukan fakta baru. Karena dalam momen perbicangan itu, Jokowi sempat terperanjat.

Tangkap layar via Channel YT Sekretariat Presiden

Di sini terlihat jelas ada sedikit kotoran yang menempel di rambut Jokowi. Presiden tidak sadar sepertinya sampai salah satu ajudan Jokowi memberitahu hal tersebut.

Lalu seperti yan sudah-sudah, Jokowi membeli lagi minyak goreng merek Hemart. Ada beberapa botol yang dibeli.

Kemudian Jokowi kembali merogoh uang dari saku celana hitamnya sebelah kanan. Diberikan beberapa lembar uang Rp100 ribu itu kepada sang ibu.

Dan....

Sang ibu yang merasa kebanyakan dengan pemberian Jokowi, coba mengembalikannya. Namun ditolak presiden. Ibu itu sempat beberapa kali coba mengembalikan, namun selalu ditolak Jokowi.

Tangkap layar via Channel YT Sekretariat Presiden