Jelang Ramadan, Disperindag Kabupaten Tangerang Pastikan Bahan Pokok Aman
Iustrasi pedagang bahan pokok makanan di pasar/ Foto: IST

Bagikan:

TANGERANG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang menjamin ketersediaan bahan pokok hingga bulan suci ramadan aman.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Kabupaten Tangerang, Iskandar mengakui untuk harga dari bahan itu mengalami kenaikan.

“Setiap memasuki Ramadhan sudah biasa ada kenaikan, tetapi ada dua hal yang penting yaitu memastikan ketersediaan barang pokok dan stabilitas harga,” kata Iskandar saat dikonfirmasi, Kamis, 10 Maret.

Oleh sebab itu, pihaknya akan secara rutin melakukan pemantauan dan pelaporan harga. Hal ini pun sesuai petunjuk teknis dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tentang kegiatan pemantauan harga

Selain itu, pihaknya juga melakukan koordinasi serta kolaborasi dengan instansi terkait. Guna melakukan pengawalan ketersedian barang bahan pokok tersebut.

“Kami akan terus melakukan pengawalan rutin, setiap hari nantinya kita mengecek ke gudang-gudang pangan, pasar untuk memastikan ketersediaan,” sambungnya.

Iskandar menuturkan, pihaknya akan memperkuat kerjasama dengan sosiasi pedagang pasar setempat. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kenaikan harga yang melebihi harga eceter tertinggi (HET).

Dirinya merinci beberapa harga bahan yang mengalami kenaikan, yakni harga daging sapi dari semulai Rp110 per kilogram menjadi Rp130 hingga Rp140 per kilogram.

Harga daging beku kini dijual Rp110 hingga Rp120 per kilogram dari harga sebelumnya Rp90 ribu sampai Rp100 ribu per kilogram.

"Kalau harga lainnya seperti cabai memang naik, karena dipengaruhi kondisi iklim cuaca. Tetapi secara umum stok kebutuhan pokok masih terjangkau dan tersedia,” tandasnya.