Kantornya Kebakaran, Dishub DKI Pastikan Tak Ganggu Operasional
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Gedung Dinas Perhubungan DKI Jakarta di kompeks Dinas Teknis, Jalan Taman Jati Baru Nomor 1, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, terbakar pada Selasa dini hari.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo mengungkapkan kebakaran terjadi di ruang Seksi Penegakan Hukum Bidang Pengendalian Operasional Dishub DKI dan ruang rapat.

Namun, Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menegaskan peristiwa ini tak mengganggu operasional jajarannya dalam menjalankan tugas.

"Jadi secara umum tidak menganggu operasional dan sementara operasional bidang Dalops kita pindahkan ke gedung lainnya yang memungkinkan untuk dilakukan operasi tersebut," kata Syafrin kepada wartawan, Selasa, 8 Maret.

Kemudian, lanjut Syafrin, dokumen-dokumen terkait penegakan hukum juga tak terdampak pada kebakaran yang terjadi dini hari tadi.

"Dari dokumen yang ada terkait dengan penegakan hukum, kami pastikan bahwa ada yang rusak karena itu terpisah. Contohnya untuk penertiban parkir liar, itu terpisah gedungnya. Demikian pula halnya dengan stop operasi dari angkutan umum yang melakukan pelanggaran lalu lintas," jelas Syafrin.

Terpisah, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal menyatakan bahwa penyebab terbakarnya Lantai 2 gedung Dishub DKI tersebut berasal dari arus pendek listrik (korsleting).

Awalnya, petugas keamanan Gedung Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan yang berada di komplek perkantoran tersebut melihat kepulan asap di lantai 2 gedung Dishub.

Kemudian, petugas keamanan bernama Suratno itu langsung melaporkan kejadian ke petugas keamanan di Gedung Dishub yang bernama Agus.

"Pihak sekuriti Gedung Dishub langsung berupaya melakukan pemadaman menggunakan APAR, namun gagal karena kepulan asap sangat tebal," kata Asril.

Petugas keamanan pun langsung melapor ke pos Damkar terdekat. Sebanyak 7 unit mobil damkar dan 35 personel dikerahkan untuk memadamkan "si jago merah" yang telah berkobar sejak pukul 02.40 WIB. Petugas pemadam berhasil memadamkan kobaran api sekitar pukul 04.13 WIB.