Pasien Korban Gempa di RSUD Pasaman Barat Memilih Bertahan di Tenda
Direktur RSUD Pasaman Barat Yandri saat meninjau pasien yang masih bertahan di tenda darurat di halaman RSUD, Selasa.

Bagikan:

SIMPANG EMPAT - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasaman Barat, Sumatera Barat menyatakan pasien korban gempa masih memilih bertahan di tenda darurat karena masih trauma dengan gempa susulan.

"Ada sekitar 10 orang lagi pasien terdampak gempa memilih bertahan di tenda darurat yang ada di halaman rumah sakit hari ini," kata Direktur RSUD Pasaman Barat Yandri di Simpang Empat, dikutip Antara, Selasa, 1 Maret.

Menurutnya, para tenaga medis, sejumlah peralatan, hingga tempat tidur pasien masih diletakkan di dalam empat tenda darurat yang berdiri di halaman rumah sakit.

Sejumlah pasien juga tampak berbaring di atas tempat tidur untuk menerima penanganan medis, didampingi oleh keluarga masing-masing.

Sedangkan untuk pasien umum, katanya sudah dipindahkan lagi ke dalam gedung di lantai satu dengan harapan ketika ada gempa susulan mudah dilakukan evakuasi.

Yandri merinci sejak Jumat, 25 Februari, pihaknya telah menerima 49 orang pasien korban gempa. Pasien yang mengalami luka berat sebanyak 31 orang, 16 orang luka ringan dan dua orang di rujuk ke Rumah Sakit M. DJamil Padang.

"Juga sudah dilakukan operasi oleh tim dokter spesialis orthopedi yang datang dari Padang bekerja sama dengan orthopedi RSUD kepada 14 orang," sebutnya.

Saat ini keluhan pasien rata-rata karena trauma. Ada trauma di kepala, di kaki dan ada yang fraktur di bagian paha, betis dan bahu.

"Memang ada beberapa orang pasien yang sudah sembuh tapi tetap di RSUD karena tidak tahu mau pulang ke mana karena rumahnya hancur akibat gempa," ujarnya.