Kemenkes: Kasus Harian COVID-19 Melandai di Tiga Minggu Terakhir
Ilustrasi/Foto: PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan kasus konfirmasi harian COVID-19 sudah melandai dalam tiga minggu terakhir.

“Beberapa provinsi sudah mulai mengonfirmasi penurunan kasus harian dan perawatan pasien selama tiga minggu terakhir ini," ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Selasa, 1 Maret. 

Dia menjelaskan jumlah kasus konfirmasi harian COVID-19 pada Senin, 28 Februari, sebanyak 25.054. Sedangkan pasien yang dirawat di rumah sakit sebanyak 35 persen dari kapasitas tempat tidur yang disediakan.

Kemenkes mencatat, kasus aktif pada Senin kemarin menurun 10 persen atau 19.200 kasus dari hari sebelumnya.

Adapun provinsi yang mulai menunjukkan penurunan kasus selama tiga Minggu belakangan diantaranya DKI Jakarta, Banten, Bali, Maluku, Papua, dan NTB.

Sementara, provinsi lain yang sudah melandai dalam satu minggu terakhir dan sedang dipantau konsistensi penurunannya oleh Kemenkes ialah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan.

“Meskipun kami pantau, masih ada beberapa provinsi di Jawa dan luar Jawa yang meningkat. Tetapi secara agregat kita bisa melihat penanganan pandemi secara nasional membaik karena provinsi dengan kota-kota besar padat penduduk sudah melewati puncaknya dalam waktu yang cukup konsisten,” jelas Nadia.

Selain penurunan, Kemenkes juga mencatat angka kesembuhan pasien masih cukup tinggi. Sebab, jumlah kasus sembuh pada Senin, 28 Februari, mencapai 43.992.

"Kami terus berupaya menekan risiko terburuk akibat infeksi COVID-19 agar pandemi ini bisa menjadi endemi," kata Nadia.