Bagikan:

JAKARTA - Polisi menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan Vicky Firlana di TPU Kober, Ulujami, Jakarta Selatan. Dalam kegiatan tersebut, dua tersangka yakni MYL (18) dan DR (22) memeragakan 22 adegan saat membunuh Vicky. Berdasarkan pantauan di lokasi, Leli (38), otak pembunuhan Vicky Firlana juga hadir.

Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Ridwan Soplanit menjelaskan, dari 22 adegan yang diperagakan tersangka, adegan korban ditusuk gunting oleh pelaku ada diurutan ke-13.

"Jadi rekonstruksi itu bagaiamana rangkaian dari peristiwa yang dilakukan para pelaku, maupun beberapa saksi. Kemudian kita cocokan keterangan yang diberikan pada saat kita lakukan pemeriksaan," kata Ridwan kepada wartawan di TPU Kober, Ululjami, Jakarta Selatan, Kamis, 24 Februari, siang.

Kata Ridwan, dalam adegan ini terdapat sejumlah fakta baru yang sebelumnya tidak diberitahukan secara detail, yakni ketika pelaku masuk dari pintu yang berbeda. Bahkan, kata Ridwan, korban sempat melakukan perlawanan.

"Dua orang yang melakukan eksekusi dengan otak pelakunya datang dari sisi yang berbeda (dan) korban itu sempat melakukan perlawanan. Pada saat ditinggalkan tergeletak, dia (korban) sempat beberapa kali ingin bangun bergeser untuk menyalamatkan diri," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, polisi mengungkap kasus pembunuhan Vicky Firlana dengan menetapkan tiga orang sebagai tersangka, MYL (18), DR (22) dan Leli (38). Leli (38) sebagai dalang pembunuhan Vicky, sedangkan MYL dan DR adalah eksekutornya.

Kasus pembunuhan ini berlatar belakang cemburu buta. Vicky diketahui menjalin hubungan dengan seorang wanita berinisial HN. HN ternyata sedang menjalani hubungan dengan Leli, yang juga seorang wanita. Polisi menyebut tersangka Leli memiliki kelainan seksual.