Bagikan:

JAKARTA - Keponakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Mary Trump, menyebut pamannya semakin putus asa untuk memenangi Pemilu AS. Pasalnya, Trump sampai menuduh rivalnya Joe Biden menggunakan narkoba demi meningkatkan elektabilitas sebelum debat calon presiden.

"Tuduhan penggunaan narkoba adalah bentuk keputusasaan Donald," kata Mary Trump dilansir CNN, Senin 14 September. Sebelumnya, Presiden Trump menuduh Biden pernah mengonsumsi obat-obatan terlarang di masa lalunya. Tuduhan itu ia lontarkan saat diwawancara pembawa acara Fox News, Jeanine Pirro.

"Mungkin ada, mungkin terlibat narkoba. Itulah yang saya dengar," kata Presiden Trump kepada Pirro. 

Selain itu, Mary Trump mengatakan Presiden Trump menuduh Biden mengalami ketidakstabilan mental karena Trump sebelumnya dituduh dengan hal yang sama oleh publik. Namun Trump membela diri dengan mengaku punya nilai bagus dalam tes kognitif. "Dia memproyeksikan hampir semua hal," kata Mary Trump.

Mary mengatakan sikap-sikap Trump yang terlihat sekarang, salah satunya akibat dari asuhan orang tuanya di masa lalu. "Donald adalah orang yang secara psikologis rusak parah, berdasarkan asuhannya dan situasi dengan orang tuanya," kata Mary. 

Salah satu yang dipersoalkan Mary adalah soal sikap pamannya yang mengerdilkan bahaya COVID-19. Ia mengatakan tanggapan presiden terhadap pandemi itu perlu dikutuk.

Tuduhan Trump

Pada Sabtu 12 Juli malam, Fox News menyiarkan sebuah wawancara di mana Trump tanpa bukti menuduh Joe Biden menggunakan narkoba. Penggunaan narkoba tersebut diyakini Trump agar Biden mampu melewati perdebatan. 

"Itu yang saya dengar. Maksud saya, mungkin ada obat-obatan. Saya tidak tahu bagaimana Anda bisa berubah dari menjadi begitu buruk di mana Anda bahkan tidak bisa mengeluarkan kalimat..." kata Trump. 

Trump tidak menyelesaikan kalimatnya sendiri, tetapi dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia mengacu pada penampilan ragu-ragu Biden dalam debat primer awal. 

"Anda melihat beberapa perdebatan dengan banyak orang di atas panggung," kata Trump. "Maksud saya, dia dulu pernah berkata, 'Bagaimana mungkin dia bisa maju?'"

Tuduhan Trump terhadan Biden datang tidak lama setelah putra tertuanya, Donald Trump Jr, membantah klaim bahwa dia menggunakan kokain sebelum berbicara di konvensi Partai Republik. Hal ini juga bukan pertama kalinya Trump menuduh Biden menggunakan narkoba. 

Trump dan Biden akan menghadapi debat capres di Cleveland pada 29 September, di Miami pada 15 Oktober, dan di Nashville pada 22 Oktober. Sementara calon wakil presiden Mike Pence dan Kamala Harris akan berdebat di Salt Lake City pada 7 Oktober.