Mendagri Tito Minta ASN Bangun Budaya Kerja Melayani Publik
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (Foto:Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) membangun pola pikir dan budaya kerja untuk melayani publik.

Tito mengatakan, upaya membangun pola kerja melayani publik itu berkaitan dengan nilai inti atau core values ASN "Ber-AKHLAK", Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

"Saya ingin ada perubahan mind set (pola pikir) dan juga budaya di lingkungan Kemendagri dan BNPP. Ini kan juga arahan dari Bapak Presiden untuk melaksanakan revolusi mental," kata Tito di acara "Kemendagri BerAKHLAK: Transformasi Budaya Kerja di Era 4.0" yang digelar secara luring dan daring dilansir Antara, Rabu, 23 Februari.

Tito menekankan pentingnya perubahan pola pikir dan budaya kerja para ASN itu karena Kemendagri memiliki tugas mengurusi 548 pemerintah daerah (pemda).

Di tengah keterbukaan informasi, praktik-praktik pelayanan yang baik harus dijalankan termasuk sikap anti korupsi, tambahnya. Terlebih lagi dengan penguatan peran masyarakat sipil dengan didukung keberadaan media sosial.

Hal tersebut berdampak pada berbagai sektor, termasuk komplain masyarakat terhadap pelayanan publik, yang dapat langsung diketahui pimpinan termasuk Presiden.

"Kalau masih mempertahankan kultur-kultur buruk yang lama, setor menyetor, pungli dan segala macam nanti akan tergilas, tergilas, harus cepat berubah, beradaptasi pada lingkungan baru. Justru memanfaatkan teknologi itu untuk membuat image yang baik," jelasnya.

Selain itu, masyarakat juga memiliki kekuatan untuk mengontrol jalannya negara dengan sistem demokrasi yang diterapkan Indonesia, katanya.

Oleh karena itu, para ASN harus dapat mengubah pola pikir dan budaya kerja yang mengarah pada pelayanan masyarakat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengubah sistem yang semakin terbuka dan transparan sehingga dapat lebih dipercaya publik.

Tito juga berharap acara "Kemendagri BerAKHLAK: Transformasi Budaya Kerja di Era 4.0" tidak hanya sekadar seremonial, tapi menjadi momentum untuk berbenah dan introspeksi diri bagi para ASN di lingkungan Kemendagri dan BNPP.

"Tolong manfaatkan betul momentum ini, saya jarang-jarang bertemu dengan semua dalam jumlah yang besar; ini pesan saya. Dan untuk bisa mengubah karakter tadi, harus diubah dari diri sendiri dan harus dimulai untuk organisasi harus dimulai dari pimpinan," ujarnya.

Menteri Dala Negeri Tito Karnavian. (ANTARA/HO-Kemendagri)