Pemkot Surabaya Gelar Tes Swab Gratis Bagi Pegawai KPU
Ilustrasi/Unsplash

Bagikan:

SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur, memberikan fasilitas tes swab gratis bagi petugas KPU Surabaya. Tes swab ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran COVID-19.

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya, M Fikser, mengatakan pemeriksaan swab gratis ini diikuti seluruh pegawai KPU Surabaya. Sementara komisioner KPU sudah melakukan tes swab secara mandiri.

 "Jadi seluruh petugas yang ada di Sekretariat KPU ada sekitar 46 orang, separuh dari jumlah itu sudah dilakukan swab hari ini. Besoknya setengah lagi dilaksanakan di Gelora Pancasila," kata Fikser, Jumat, 11 September.

Selain itu, sejak tanggal 8 September, Pemkot Surabaya juga melakukan penyemprotan disinfektan di kantor KPU Surabaya secara berkala. 

"Untuk penyemprotan yang nanti di dalam kantor KPU itu dilakukan secara mandiri oleh KPU sendiri. Jadi ini bagian dari bagaimana pemkot melakukan penanganan pencegahan di tempat-tempat ruang publik," ujarnya. 

Apalagi, kata Fikser, saat ini kantor KPU Surabaya menjadi salah satu pusat tempat dalam konteks Pilkada. Tentunya, pencegahan di tempat itu menjadi salah satu perhatian utama Pemkot Surabaya. 

"Jadi yang telah dilakukan Pemkot Surabaya adalah melakukan swab kepada seluruh petugas KPU yang ada di Surabaya," katanya. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Surabaya ini menjelaskan, hasil pemeriksaan swab kepada seluruh petugas KPU itu bisa diketahui 2-3 hari ke depan. 

"Dari hasil itu maka dapatlah data yang baru itu untuk dilakukan tracing. Kenapa? Karena bisa saja ada yang pernah dilakukan swab. Nah, yang belum pernah swab hasilnya positif inilah yang dilakukan tracing," papar dia. 

Fikser mengimbau warga Surabaya agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.