Perilaku Sadar Etika Digital Harus Dimiliki Setiap Orang
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Kamis, 17 Februari, KOMINFO RI, DPR RI, dan BAKTI KOMINFO mengadakan Seminar Live Streaming dengan tema "Sadar Etika Digital".

Acara seminar ini diisi oleh beberapa narasumber. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan tarian dari Jelantika Nusantara.

Seminar masuk ke kegiatan inti oleh narasumber pertama yaitu Dr. Ismail Cawidu, M.Si selaku Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Materi pertama membahas tentang kesadaran-kesadaran yang harus dimiliki setiap orang ketika berada di dunia maya, ruang lingkup yang ada dalam etika digital, serta kompetensi literasi digital yang tertuang pada empat pilar.

Dilanjutkan oleh narasumber kedua, yaitu Sakhna Fawatihul Bilad, S.Sos selaku presenter dan influencer. Beliau membagikan pengalamannya selama menjadi presenter dan influencer, tentang bagaimana berperilaku dalam dunia nyata itu haruslah sama dengan ketika berperilaku dalam dunia digital seperti dalam media sosial sehingga tetap perlu memperhatikan etika digitalnya.

Narasumber ketiga yaitu oleh Ir. A. Rizki Sadig, M.Si selaku Anggota Komisi I DPR RI. Beliau memberikan pandangan tentang perlunya kebijaksanaan dalam menggunakan media sosial agar tetap memberikan dampak positif dalam kehidupan.