Hasil Survei: Publik Makin Yakin dengan Prabowo Subianto
Prabowo Subianto (Foto:Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga riset dari Survei & Polling Indonesia (SPIN) kembali merilis hasil surveinya untuk memotret seperti apa konstelasi sosial politik di kalangan masyarakat dewasa ini, salah satunya adalah tentang potensi tokoh-tokoh nasional dalam bursa Pilpres 2024 mendatang.

Direktur SPIN, Igor Dirgantara mengatakan, dalam hasil surveinya, mayoritas masyarakat memilih Prabowo Subianto sebagai Presiden jika pemilu dilaksanakan nanti.

"Sebagian besar publik atau sebesar 24,5 persen memilih Prabowo sebagai calon Presiden," kata Igor dalam keterangan resmi, Senin, 14 Februari.

Di bawah Prabowo, kata dia, ada Anies Baswedan yang mendapat 13,6 persen dan Ganjar Pranowo sebesar 12,8 persen.

Posisi selanjutnya di tempati berturut-turut oleh Ridwan Kamil mendapat 6,1 persen; AHY 4,4 persen; Sandiaga Uno 4,1 persen; dan Puan Maharani 3,0 persen. Kemudian Tri Rismaharini dan Khofifah berbagi persentase yang sama 1,6 persen; di posisi ke-10 ditempati Erick Thohir 1,5 persen.

"Sementara ada 20,4 persen publik yang masih belum menentukan pilihanya, kata dia.

Menurut dia, elektabilitas Prabowo Subianto masih menempati puncak survei karena konsistensi dan fokus kinerja Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu dalam menjalankan tugas-tugas negara.

"Kerjanya sebagai menteri pertahanan di pemerintahan yang secara konkret dapat disaksikan dan didengar oleh publik luas dari beragam saluran media penuh dengan prestasi," tuturnya.

Di sisi lain, kata dia, peran mesin partai juga tak kalah ikut andil di dalam mendongkrak penilaian publik terhadap sosok Prabowo Subianto. Dukungan solid dari partai Gerindra mulai dari bawah hingga di atas untuk mendapuk kembali Ketumnya sebagai calon Presiden di 2024 juga sangat jelas terdengar oleh publik sehingga pilihan publik mayoritas jatuh ke Prabowo.

"Kepastian Ini juga yang membuat elektabilitas prabowo kokoh dipuncak elektabilitas. Hingga hari ini belum ada peristiwa yang berarti yang mampu mendegradasi posisinya di hati rakyat," ucapnya.

Kemudian, di samping itu pula saat ini semakin banyaknya deklarasi-deklarasi dukungan dari kelompok masyarakat baik secara sendiri dan berpasangan juga dapat menjadi indikator bahwa publik mengetahui dan mengharapkan beliau menjadi Presiden 2024.

Kemudian, Igor juga memotret seperti apa pandangan publik terhadap lembaga partai yang saat ini ada, khususnya mereka yang bakal ikut menjadi peserta di Pemilu 2024.

Sebagaian besar publik yakni sebesar 19,1 persen masih menjatuhkan pilihannya kepada PDIP jika pemilu 2019 diadakan hari ini. Sementara posisi ke-2 masih ditempati Gerindra dengan perolehan persentase keterpilihan sebesar 15,6 persen.

Untuk posisi ketiga ditempati oleh Golkar 10,9 persen, diikuti oleh PKB 6,3 persen, PKS 6,0 persen, NasDem 4,9 persen, PPP 1,9 persen, PAN 1,3 persen. Untuk PSI, PBB, Hanura, PKPI, Perindo dan Partai Berkarya masing berada diinterval 1,0 persen hingga 0,1 persen.

Perlu diketahui, survei ini dilakukan pada tanggal 31 Januari-11 Februari 2022 dengan melibatkan 1.230 responden yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan cara tatap muka dibantu lembaran kuesioner.

Survei ini juga menggunakan metode probability sampling dan multistage random sampling dengan Margin of Error (MoE) kurang lebih 2,8 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.