Plt Walkot Bandung Sudah Terima 2 Nama Calon Wakil Walkot dari PKS, Ada Siti Muntamah Istri Mendiang Oded Danial
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bagikan:

BANDUNG - Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut dirinya sudah mendapat dua nama calon dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang diajukan untuk mengisi jabatan Wakil Wali Kota Bandung yang kosong sejak Desember 2021.

Menurutnya dua nama itu yakni Khairullah yang merupakan Ketua DPD PKS Kota Bandung, dan Siti Muntamah yang merupakan anggota DPRD Jawa Barat sekaligus istri mendiang Wali Kota Bandung periode 2018-2023, Oded M Danial.

"Ya PKS menyampaikan ada dua nama dan itu katanya sudah SK dari DPP (dewan pimpinan pusat), sudah terinformasikan ke saya," kata Yana di Bandung, Jawa Barat dikutip Antara, Senin, 14 Februari.

Untuk saat ini, Yana bakal berkoordinasi dengan partai pengusungnya yakni Partai Gerindra. Seperti diketahui, Partai PKS dan Partai Gerindra merupakan koalisi yang memenangkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung tahun 2018 melalui pasangan Oded M Danial dan Yana Mulyana.

Meski sudah muncul dua nama, Yana mengaku belum melakukan langkah lebih jauh soal urusan politik tersebut. Saat ini, ia mengaku masih fokus terhadap penanganan COVID-19 yang kasusnya semakin melonjak di Kota Bandung.

"Untuk prosesnya saya belum tahu juga, nggak konsen ke situ ya," kata Yana.

Dia mengatakan untuk pemilihan wakil wali kota memiliki regulasi tersendiri dan dirinya menegaskan tidak akan ikut campur soal pemilihan wakil wali kota.

"Saya nggak tahu, nggak mau komentar, saya orang taat azas. Silakan itu diputuskan oleh koalisi," kata Yana. 

Sementara itu, kekosongan jabatan Wakil Wali Kota Bandung itu disebabkan oleh pejabat sebelumnya yakni Yana Mulyana naik sebagai Plt Wali Kota setelah Oded M Danial, Wali Kota Bandung periode 2018-2023, wafat pada Desember 2021.