Oded M Danial dan Kecintaannya terhadap Dunia Dakwah
Wali Kota Bandung Oded M Danial/DOK VIA ANTARA

Bagikan:

BANDUNG - Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia. Politikus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini tutup usia saat hendak naik mimbar khatib salat Jumat di Masjid Mujahidin, Kota Bandung.

Dihimpun dari berbagai sumber dilansir Antara, Jumat, 10 Desember, orang nomor satu di Pemerintah Kota Bandung ini terlahir dari keluarga santri sehingga sangat akrab dengan dunia dakwah.

Walaupun telah menjadi wakil wali Kota Bandung--sebelum menjadi wali kota namun pria yang akrab disapa Mang Oded ini, tak mau melepaskan dunia dakwah.

Dan salah satu kegiatan dakwah yang tetap dilakukannya sampai saat ini ialah menjadi imam salat Jumat di masjid-masjid yang ada di Kota Bandung.

Program oleh Mang Oded diberi nama “Jumling” tersebut, telah dilakukannya sejak ia dilantik menjadi wakil wali Kota Bandung.

Sebelum menjadi Wali Kota Bandung, Mang Oded yang lahir Tasikmalaya pada 15 Oktober 1962 silam ini merupakan anggota DPRD Kota Bandung untuk periode 2004 hingga 2009 sekaligus sebagai Ketua DPD PKS Kota Bandung.

Pada 2013, Mang Oded mengikuti pemilihan umum sebagai calon wakil wali kota, berpasangan dengan Ridwan Kamil.

Pasangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial berhasil memenangkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung dengan meraih 45,24 persen suara.

Pada Pemilihan Wali Kota Bandung selanjutnya atau pada tahun 2018, Oded mencalonkan diri sebagai wali Kota Bandung.

Dia berpasangan dengan Yana Mulyana, dan pasangan ini memenangkan pemilihan umum tersebut dengan kemenangan 50.1 persen suara, mengalahkan dua calon lainnya.

Semasa hidupnya Oded yang menikah dengan Siti Muntamah telah memiliki tujuh orang buah hati.