Pasien COVID-19 di Kulon Progo Bertambah 12 Kasus
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

KULON PROGO - Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam 24 jam terakhir bertambah 12 kasus sehingga total selama pandemi sebanyak 22.351 kasus.

"Perubahan situasi COVID-19 per 5 Februari 2022 sebanyak 12 kasus terkonfirmasi positif COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati dikutip Antara, Sabtu, 5 Februari.

Dia mengatakan sejak 21 Januari 2022, penambahan kasus harian COVID-19 mengalami peningkatan seperti yang diprediksi sebelumnya bahwa pada akhir Januari atau awal Februari akan mengalami kenaikan setelah libur akhir tahun karena munculnya varian Omicron yang penyebarannya sangat cepat.

Di Kulon Progo, penambahan kasus harian COVID-19 yang tinggi disebabkan adanya kluster pengantin Karangsari, Kecamatan Pengasih. Saat ini, kasus aktif COVID-19 di Kulon Progo sebanyak 63 kasus, yang mayoritas menjalani isolasi mandiri, kecuali probable COVID-19 dirawat di salah satu rumah sakit di Bantul.

"Saat ini, kasus aktif COVID-19 di Kulon Progo sebanyak 63 kasus," katanya.

Meski ada peningkatan kasus harian COVID-19 di Kulon Progo, Baning mengatakan posisi bangsal rumah sakit rujukan Kulon Progo, per Sabtu (5/2), dengan tingkat keterisian nol persen dari total 125 kamar yang tersebar di dua rumah sakit milik pemerintah dan tujuh rumah sakit swasta.

"Tingkat keterisian bangsal rumah sakit nol persen, dan keterisian antrean IGD juga nol persen," kata Baning.

Baning mengimbau kepada masyarakat tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan, dan segera melakukan vaksinasi COVID-19 bila belum divaksin.

"Protokol kesehatan dan vaksinasi dapat menurunkan risiko terpapar COVID-19, jadi tetap patuh protokol kesehatan dan patuh pada anjuran pemerintah untuk melakukan vaksinasi," katanya.