Wamenkes Perkirakan Tren Peningkatan COVID-19 Lampaui Gelombang Kedua
IlustrasI PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono memperkirakan tren peningkatan kasus COVID-19 yang saat ini terjadi berpotensi sedikit lebih tinggi dari puncak kasus gelombang kedua yang terjadi Juli 2021.

"Kita masih pelajari melihat dari berbagai pengalaman macam-macam negara. Negara kita mungkin akan lebih sedikit tinggi dibandingkan saat puncak Delta kemarin," ujar Dante Saksono Harbuwono dikutip Antara, Kamis, 3 Februari.

Pernyataan itu disampaikan Dante saat menjawab pertanyaan wartawan terkait kapan puncak gelombang ketiga terjadi.

Menurut Dante, kepatuhan masyarakat dalam menjalani protokol kesehatan juga memiliki andil dalam tren penambahan kasus COVID-19 di Indonesia.

Wamenkes mengatakan tren peningkatan kasus COVID-19 saat ini tidak lepas dari pengaruh varian Omicron yang berkarakteristik cepat menular dan bersifat masif.

Namun Dante memastikan kesiapan pemerintah dalam upaya pengendalian lonjakan kasus tersebut dengan berbekal pengalaman saat menghadapi gelombang varian Delta tahun lalu.

Dante mengatakan saat Juli 2021 dilaporkan terdapat sekitar 57 ribu kasus COVID-19 varian Delta. Sedangkan varian Omicron saat ini diperkirakan berkisar 100-150 lebih kasus per hari.

"Kalau kemarin (Delta) sampai 57 ribu kasus per hari, mungkin ini sekarang sekitar 100-150 lebih kasus per hari," ujarnya.

Dante mendorong agar masyarakat dengan gejala ringan menjalani isolasi mandiri di rumah. Sehingga pelayanan di rumah sakit difokuskan bagi mereka yang bergejala sedang dan berat.

"Kalau gejala sedang itu adalah bila komorbid, lansia dan saturasi oksigen turun. Selain (gejala) itu sebaiknya isolasi di rumah saja," katanya.