Makna 'Trapsila Adhyaksa' yang Diminta Jaksa Agung Burhanuddin untuk Selalu Diterapkan Semua Jaksa
Jaksa Agung ST Burhanuddin (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengusulkan Trapsila Adhyaksa untuk menjadi corporate value Kejaksaan Tahun 2023 dan memberi makna agar para insan kejaksaan menjunjung etika dan tata krama dalam menjalankan tugas dan profesi.

"Saya menekankan corporate value Trapsila Adhyaksa jangan berhenti menjadi slogan yang utopis semata tanpa diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari," kata Burhanuddin dalam Rapat Kerja Nasional Kejaksaan RI Tahun 2022, berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, dilansir Antara, Rabu, 2 Februari.

Trapsila adalah istilah dari bahasa Jawa yang berasal dari kata patrap yaitu tempat berdiri dan kata susila yaitu baik. Arti kata trapsila yaitu etika, tata krama, atau susila yang membahas tatanan cara bertindak dan berbuat serta menjadi acuan bagaimana kejaksaan bertindak dalam masyarakat umum.

Jaksa Agung menjelaskan, dalam lagu Mars Adhyaksa juga terdapat lema trapsila yang mengandung arti satya adhi wicaksana yang merupakan doktrin Trikrama Adhyaksa sebagai landasan jiwa kejaksaan.

"Oleh karena itu, saya mengusulkan agar Trapsila Adhyaksa dapat untuk dijadikan sebagai corporate value Kejaksaan Tahun 2023," ucapnya.

Jaksa Agung menekankan setiap insan Adhyaksa harus memiliki hati nurani sebagai cerminan dalam bekerja untuk dapat memberikan nilai kemanfaatan bagi masyarakat. Responsif memiliki arti bahwa kejaksaan harus cepat dan tepat dalam mencermati perkembangan hukum dan kemajuan teknologi.

Selanjutnya, adil adalah tujuan dari setiap penegakan hukum yang dilakukan, kemudian akuntabel merupakan keprofesionalan kejaksaan dalam bekerja yang berdasarkan integritas sehingga setiap pekerjaan kejaksaan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam corporate value ini, kata dia, harus diterapkan oleh setiap insan Adhyaksa dan menjadi pelecut semangat setiap pegawai untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensinya dalam bekerja.

"Peningkatan kualitas kerja Saudara tentunya akan berdampak positif bagi kemajuan institusi. Oleh karena itu, saya berharap corporate value Kejaksaan Trapsila tersebut kiranya dapat dibahas lebih mendalam pada rapat kerja nasional ini," kata Jaksa Agung kepada insan Adhyaksa.