Suhu Udara di Sumsel Meningkat Capai 33 Derajat Celcius
ILUSTRASI/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

PALEMBANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan suhu udara sebagian wilayah Sumatera Selatan meningkat hingga 33 derajat Celcius karena terjadi perubahan pola angin beberapa hari terakhir.

Kepala BMKG Stasiun Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Desindra Deddy Kurniawan di Palembang, Minggu, mengatakan peningkatan suhu diperkirakan terjadi di Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir berkisar 24 — 33 derajat Celcius, pada Minggu, 30 Januari, hingga awal Februari 2022.

Wilayah Sumsel dalam beberapa waktu ini terpantau terdapat pola angin divergen (penyebaran massa udara) sehingga uap air menyebar sehingga menghambat pertumbuhan awan hujan.

Di samping itu, peningkatan suhu udara juga dipengaruhi aktivitas atmosfer yang terpantau tidak aktif sehingga berpengaruh terhadap minimnya ketersediaan uap air untuk membentuk awan hujan.

Karena potensi hujan untuk waktu ini menurun maka suhu udara juga mengalami peningkatan.

Suhu udara maksimum di Stasiun Meteorologi SMB II Palembang pada Sabtu, 29 Januari mencapai 33 derajat Celcius.

Namun demikian, di wilayah Sumsel masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, namun bersifat lokal atau tidak merata, yang diprakirakan potensi hujan di wilayah Sumsel akan meningkat kembali mulai tanggal 30 Januari hingga awal Februari 2022.

Perkiraan cuaca pada siang hingga sore hari diperkirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah OKU Selatan, OKU, Lahat, Pagaralam, Muara Enim, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Musi Rawas Utara, Musi Rawas. Adapun wilayah berpotensi hujan ringan di Musi Banyuasin, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), OKI dan OKU Timur.

Pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah OKU Selatan, OKU Timur, OKU, Lahat, Muara Enim, dan Pagar Alam. Sedangkan wilayah berpotensi hujan ringan di Empat Lawang, Musi Rawas, Ogan Ilir, dan Prabumulih.

Sedangkan pada dini hari, cuaca diperkirakan berawan dan udara kabur hingga berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau, Musi Banyuasin, PALI, Prabumulih, Ogan Ilir, Palembang, Banyuasin, OKI, Muara Enim, dan OKU Timur. Berpotensi hujan ringan di wilayah OKU Selatan, OKU, Lahat, dan Pagar Alam.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 33 °C dengan kelembapan udara 60 persen - 96 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19 – 32 °C dengan kelembapan udara 65 persen - 100 persen.