Sukses dengan UAV Militer, Turki Siapkan Kapal Selam Mini STM-500
Ilustrasi kapal selam Turki. (Wikimedia Commons/MEOGLOBAL)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah mengamankan sukses besar dalam mengembangkan, mengoperasikan dan mengekspor kendaraan udara tak berawak (UAV) militer domestiknya, Turki sedang mempersiapkan kisah sukses serupa dengan kapal selam mini dalam waktu dekat.

Seorang peneliti pertahanan dan maritim mengatakan drone tempur 'pengubah permainan' akan memiliki setara dengan kapal selam mini yang dapat beroperasi di 'Tanah Air Biru' yang mewakili laut di sekitar negara itu.

Kozan Selçuk Erkan, salah satu ahli yang mengikuti perkembangan, berbicara tentang keterampilan membangun kapal selam Turki, mengatakan kepada penyiar negara TRT Haber bahwa "ada proses yang tenang dan mendalam sejalan dengan semangat kapal selam."

Menyatakan Ankara telah memperoleh pendekatan strategis ini berkat program konstruksi kapal selam yang telah berlangsung sejak 1980-an, Erkan menunjukkan lebih banyak tingkat lokalisasi dan keterampilan produksi baru diperoleh dengan setiap produksi baru.

Dengan pengembangan kapal selam kelas Reis, kapal selam sistem propulsi independen udara yang dikembangkan di bawah Proyek Kapal Selam Tipe Baru – industri negara telah mencapai tingkat yang jauh lebih tinggi, kata Erkan.

kapal selam turki
Ilustrasi kapal selam Turki. (Wikimedia Commons/Radosław Botev)

Mengomentari kapal selam mini, Erkan menggarisbawahi kapal selam kecil, karena sifatnya, akan lebih sulit untuk dikembangkan karena terlalu banyak subsistem yang perlu dibangun dalam volume kecil.

"Tapi ini adalah sesuatu yang bisa ditangani oleh industri galangan kapal kita sekarang," katanya, mengutip Daily Sabah 25 Januari.

Dia mengatakan, selam mini berkode STM-500, yang dikembangkan oleh STM yang sebelumnya telah mengambil peran penting dalam pengembangan kapal selam kelas Reis, akan menjadi platform di mana tingkat suku cadang yang diproduksi di dalam negeri diatur ke menjadi jauh lebih tinggi.

"Semua orang tahu embargo macam apa yang dihadapi negara kita pada beberapa subsistem strategis," komentarnya, seraya menambahkan bahwa "dengan kapal selam mini yang akan kita produksi, kelas akan muncul di mana ketergantungan asing di bidang ini akan tetap berada pada tingkat terendah."

Menggambarkan platform ini sebagai "kendaraan yang kuat, jarak jauh yang dapat bertahan di bawah air untuk waktu yang lama," Erkan menunjuk ke posisi geostrategis Turki, menjelaskan: "Mungkin tidak mungkin untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan kapal selam besar di area seperti Laut Aegea. Laut, yang juga dikenal sebagai Laut Kepulauan, dengan kedalaman sebagian dangkal, dan Laut Hitam, yang merupakan laut tertutup.

"Turki, yang sedang dalam perjalanan untuk menjadi pemain global, memang membutuhkan kapal selam seperti kelas Reis, di mana teknologi berada pada level tertinggi.” Dia melanjutkan dengan mengatakan, “namun, kapal selam mini, yang hemat biaya untuk diproduksi dan dioperasikan, sangat penting bagi kami juga untuk perairan dekat," paparnya.

kapal selam turki
Ilustrasi kapal selam Turki. (Wikimedia Commons/Joly Jumper)

Produk yang diproduksi oleh Turki di industri pertahanan menemukan pembeli di pasar yang berbeda di dunia, ujar Erkan, dan "Turki telah naik ke liga teratas dalam industri pembuatan kapal militer dalam beberapa tahun terakhir," tambahnya.

"Untuk kapal selam mini, kami persis berada di posisi UAV kelas taktis. Ketika Turki mulai memproduksi UAV kelas taktis, hanya ada UAV kelas besar atau UAV taktis mahal di dunia. Tidak salah jika dikatakan demikian. Ankara menyalakan pasar di dunia ini dengan pilihan yang tepat," jelasnya.

"Di kelas kapal selam kecil, kita berada di titik yang sama saat ini. Dengan kata lain, sementara Barat berorientasi pada kapal selam yang sangat besar dan mahal atau kapal selam yang sangat berteknologi dan mahal, orientasi kita pada jenis kapal selam kecil ini dapat menciptakan pasar yang berbeda bagi kami," terangnya.

Erkan mengatakan, banyak negara di dunia yang ingin memiliki kapal selam namun tidak mau terbebani biaya operasional.

"Saya percaya kapal selam mini nasional memiliki potensi untuk menjadi pengganda kekuatan yang berbeda seperti UAV," pungkasnya.