Kasus Meningkat Tajam, Masyarakat Bandung Diminta Cari dan Berantas Sumber Nyamuk Aedes Aegypti
Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung)

Bagikan:

BANDUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung meminta masyarakat mencari dan memberantas sumber nyamuk Aedes Aegypti guna mengantisipasi peningkatan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani mengatakan berdasarkan data bulan lalu, kasus DBD kini meningkat. Pada November 2021 angka kasus DBD sebanyak 475, kemudian pada Desember 2021 ada sebanyak 695 kasus.

"Angkanya dari November memang meningkat, tapi kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya itu sama ya polanya," kata Ahyani di Bandung, Jawa Barat, dilansir Antara, Rabu, 26 Januari.

Menurutnya DBD harus diantisipasi bukan hanya dari virusnya itu sendiri, melainkan juga masyarakat perlu mengantisipasi faktor adanya virus tersebut.

Salah satunya masyarakat perlu mengantisipasi adanya air yang tidak mengalir. Karena air tersebut bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD.

"Jangan sampai ada kesempatan tempat berkembangbiaknya nyamuk, tampungan air harus ditutup. Dan juga dipantau terus secara berkala," kata dia.

Dia juga mengimbau masyarakat apabila menemukan gejala-gejala seperti demam, sakit kepala, dan gejala lainnya, agar segera ditangani ke puskesmas setempat.

"Langsung saja ke fasilitas kesehatan setempat, untuk memastikan di puskesmas juga bisa, di puskesmas sudah ada fasilitasnya," katanya.