Akun Instagram Giring Hilang, PSI Singgung Operasi Siber Akibat Kritik ke Anies
Giring Ganesha (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Akun Instagram milik Ketua Umum PSI Giring Ganesha menghilang. Akun @giring tak bisa ditemukan dalam kolom pencarian media sosial tersebut.

Juru Bicara DPP PSI Ariyo Bimo mengaku hilangnya akun Instagram Giring cukup mengagetkan partainya. Sebab, belum pernah ada akun Ketua Umum PSI yang hilang atau di-takedown.

Ariyo lantas menyinggung kemungkinan adanya pembajakan akun lewat operasi siber. Dugaan ini dilatarbelakangi dengan tindakan Giring yang beberapa waktu sebelumnya kerap mengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Bila benar ada operasi cyber dibalik kritik yang sehat, maka hal tersebut sangat tidak kondusif untuk iklim demokrasi. Kebebasan berpendapat tidak boleh dibungkam dengan gerakan anti kritik," kata Ariyo saat dihubungi, Selasa, 25 Januari.

Ariyo memandang hilangnya akun media sosial bisa terjadi kepada siapapun. Namun, selama ini Ariyo menganggap semua unggahan media sosial Giring masih dalam batas wajar. Ia pun mengaku heran jika benar akun Giring dilaporkan ke pihak Instagram karena unggahannya.

"Biasanya kejadian semacam ini terjadi karena adanya pelaporan masal, tapi apa yang salah dari status-statusnya bro Giring? Apakah karena kritik-kritik PSI dirasa terlalu tajam hingga harus dilaporkan?" ucapnya.

Dengan demikian, saat ini PSI sedang meminta penjelasan kepada pihak Instagram terkait hilangnya akun media sosial Giring tersebut.

"Kami sedang coba komunikasi dengan pihak instagram. Media sosial ini dijalankan oleh perusahaan, yang tentunya punya kebijakan dan mekanisme tersendiri, yang harus kita ketahui lebih lanjut," imbuhnya.