2 Rumah Warga di Padang Rusak Diterjang Puting Beliung
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

PADANG - Dua unit rumah warga di Jalan Singgalang, Kelurahan Gunung Panggilun Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), rusak akibat diterjang angin puting beliung.

"Hari ini terjadi bencana puting beliung yang merusak dua unit rumah, kami telah menurunkan tim ke lokasi untuk membantu penanganan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Barlius dikutip Antara, Senin, 24 Januari

Diketahui rumah warga yang terdampak angin kencang tersebut adalah milik Zulkifli (63) yang dihuni tiga jiwa, dan kediaman Azwar (58) yang berpenghuni lima jiwa.

Berdasarkan analisis di lapangan, kerusakan rumah milik Zulkifli diperkirakan sekitar 50 persen, sedangkan Azwar sekitar 20 persen.

Angin kencang tersebut menerbangkan atap serta kerangka atap rumah, dengan taksiran kerugian mencapai Rp10 juta. Namun beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Barlius menjelaskan pada saat kejadian, di daerah itu memang sedang terjadi hujan lebat disertai angin puting beliung.

Barlius mengatakan regu tim reaksi cepat (TRC) serta Pusdalops PB BPBD Kota Padang di bawah Komando Kabid Kedaruratan dan Logistik juga telah melakukan pendataan di lapangan.

Selain itu, tim menyerahkan bantuan kebutuhan keluarga (kasur, selimut, sabun dan lainnya) kepada korban yang terdampak bencana.

Sementara itu untuk bantuan perbaikan bangunan rumah, lanjutnya, warga terdampak bencana bisa membuat surat yang ditujukan kepada bagian Kesra Pemkot Padang.