KPK Periksa Dino Patti Djalal, Kasus Apa?
Dino Patti Djalal (Instagram dinopattidjalal)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui pihaknya meminta keterangan terhadap mantan Duta Besar Amerika Serikat Dino Patti Djalal pada Selasa, 18 Januari kemarin. Permintaan ini terkait dugaan korupsi penyelenggaraan ajang balap internasional Formula E di Jakarta.

"Benar, permintaan keterangan dan klarifikasi kegiatan penyelidikan oleh KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri kepada wartawan, Rabu, 19 Januari.

Meski membenarkan pemeriksaan tersebut, namun Ali tak memerinci apa yang ditanyakan terhadap mantan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut. Penyebabnya, dugaan korupsi terkait lomba balap itu masih dalam proses penyelidikan.

"Karena saat ini masih penyelidikan tentu kami tidak bisa sampaikan materinya," tegasnya.

KPK mengakui sedang mengusut dan sudah memeriksa beberapa pihak terkait dugaan korupsi terkait pelaksanaan ajang balap Formula E. Hanya saja, tak dirinci siapa saja pihak yang telah dipanggil dan diperiksa itu.

Di tengah proses penyelidikan ini, komisi antirasuah juga sudah beberapa kali menerima dokumen dari Pemprov DKI Jakarta.

Dokumen tersebut berisi proses persetujuan hingga persiapan yang diperlukan KPK untuk mendapatkan informasi secara detail dan utuh dalam mengusut dugaan korupsi dalam rencana perhelatan internasional itu. Adapun penyerahannya ditujukan untuk mendukung upaya monitoring corruption prevention (MCP) kepada Pimpinan KPK.