Snack Bergambar Kaesang di Maskapai Garuda, Wakil Ketua Komisi VI DPR: Itu Urusan Dagang, <i>Ngapain</i> Dibesar-besarin?
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan Komisi VI DPR menanggapi adanya snack dengan ilustrasi putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dalam paket makanan di pesawat Garuda Indonesia. Bungkus makanan ringan tersebut sontak menjadi perbincangan publik.

Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung menilai persoalan bungkus makanan tersebut tidak perlu dibesar-besarkan. Menurutnya, hal itu tak masalah jika pengadaannya sesuai aturan.

"Itu urusan dagang ajalah, ngapain dibesar-besarin. Asal pengadaannya sesuai aturan sih sebenarnya nggak ada yang salah," ujar Martin Manurung kepada wartawan, Senin, 17 Januari.

Meski begitu, politikus NasDem itu mengatakan, snack dengan ilustrasi Kaesang ini menjadi masukan untuk Garuda Indonesia ke depan.

"Media sosial ya, silakan saja, itu kan bagian dari masukan publik kepada Garuda. Artinya, banyak yang sayang sama Garuda," kata Martin.

Selebihnya, sambung Martin, Komisi VI DPR lebih fokus mengawasi restrukturisasi Garuda. "Komisi VI DPR ingin Garuda Indonesia tetap eksis di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, gambar ilustrasi Kaesang Pangarep terdapat di snack dalam paket makanan pesawat Garuda Indonesia. Lantaran bikin heboh, snack tersebut akhirnya ditarik.

Penjelasan mengenai snack bergambar Kaesang itu disampaikan PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS) dalam keterangan tertulis, Senin, 17 Januari.

TAYS diketahui baru saja meluncurkan kemasan baru produk makanan ringan TRICKS yang menampilkan ilustrasi wajah Kaesang Pangarep sebagai bagian dari kerja sama co-branding dengan PT. Harapan Bangsa Kita (GK Hebat).

"Kemasan baru ini ditujukan untuk memperkenalkan Tays Bakers di pasar ritel, mengingat sosok Kaesang Pangarep yang dekat dengan UMKM Indonesia," kata CEO Tays Bakers, Alexander Anwar.

Alexander mengatakan Tays Bakers sebelumnya juga telah telah menjalin kerja sama dengan PT Aerofood Indonesia (Aerofood ACS) selama satu tahun terakhir. Tays Bakers menyediakan produk TRICKS kepada Aerofood ACS untuk keperluan distribusi di berbagai maskapai penerbangan yang menggunakan jasa Aerofood ACS.

Ada pun untuk pendistribusian di maskapai, kini akan digunakan produk TRICKS dengan kemasan standar tanpa ilustrasi endorser.

"Kami akan menukar semua produk TRICKS pada Aerofood ACS dengan kemasan standar," ujar Alex.