Marak Modus Penipuan <i>Phising</i> Lewat WhatsApp Catut Nama Bank Aceh Syariah, Nasabah Diminta Waspada
Ilustrasi-Tampilan aplikasi mobile banking Bank Aceh (Action) (ANTARA/HO)

Bagikan:

ACEH - Bank Aceh Syariah (BAS) mengingatkan pada nasabah tak termakan modus penipuan program pesta poin Bank Aceh dengan modus phising atau tindakan manipulasi untuk memperoleh informasi pribadi.

"Program pesta poin Bank Aceh akhir-akhir ini telah marak modus penipuan yang mengatasnamakan Bank Aceh. Salah satu penipuan yang saat ini sedang terjadi adalah program pesta poin Bank Aceh," kata Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Aceh Yusnimar, di Banda Aceh, Antara, Jumat, 14 Januari.

Yusnimar mengatakan, penipuan yang mengatasnamakan Bank Aceh tersebut dilakukan melalui komunikasi WhatsApp, SMS maupun akun sosial media lainnya. Karena itu nasabah diingatkan harus berhati-hati dan tidak menghiraukannya.

Modus penipuan yang dilakukan tersebut dengan meminta data pribadi seperti user ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu ATM secara tidak sah untuk penipuan atau kejahatan.

"Bank Aceh tidak pernah meminta kode OTP, password, PIN, kode aktivasi maupun informasi pribadi apapun kepada nasabah. Informasi tersebut merupakan privasi yang hanya boleh diketahui oleh nasabah," ujarnya.

Yusnimar menjelaskan, penipuan dilakukan melalui sebaran informasi bahwa aplikasi mobile banking Bank Aceh (Action) mengadakan pesta poin dengan meminta klik link yang akan mengarah ke chat WA.

Setelah itu, pelaku meminta nasabah untuk mengisi data pengguna mobile banking seperti username, password, mobile PIN, nomor kartu ATM dan PIN ATM. Pelaku juga meminta kode OTP yang dikirimkan ke HP nasabah.

“Modus tersebut telah marak di sejumlah media sosial. Jangan pernah memberikan informasi penting dengan alasan apapun kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Yusnimar.

Dalam kesempatan ini, Yusnimar juga menuturkan bahwa aplikasi mobile banking Action memiliki banyak keunggulan dengan fitur yang memudahkan nasabah dalam mengakses sejumlah layanan transaksi.

“Kiranya pengguna dapat dengan cermat menggunakannya, sehingga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Dirinya juga meminta nasabah dan masyarakat jika menerima informasi tertentu maka dapat mengkonfirmasi langsung ke contact center Bank Aceh di 1500845 atau mendatangi kantor cabang terdekat terhadap informasi produk maupun promosi Bank Aceh.