Banjir Akibat Luapan Sungai Cikuya Terjang 5 Desa, Bupati Garut Janji Perbaiki Rumah Warga yang Rusak
Bupati Garut Rudy Gunawan meninjau daerah yang terdampak banjir di Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut (ANTARA/HO)

Bagikan:

GARUT - Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan siap memperbaiki rumah warga yang mengalami kerusakan akibat banjir luapan Sungai Cikuya di Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Banyak yang tergenang ya, dan kita juga nanti kalau yang sangat parah sekali untuk memperbaiki rumahnya dengan membersihkan lumpur, nanti kita, pemerintah daerah akan bantu," kata Rudy Gunawan usai meninjau daerah yang direndam banjir di Kecamatan Selaawi dilansir dari Antara, Jumat, 14 Januari.

Banjir yang melanda lima desa di Kecamatan Selaawi menyusul meluapnya air sungai Cikuya pada Kamis, 13 Januari petang kemarin. Tidak ada warga yang mengungsi. 

"Alhamdulillah bencana kemarin yang terjadi di Selaawi akibat hujan yang sangat deras dan lama tidak terjadi korban jiwa," katanya.

Rudy menyampaikan, pemerintah daerah telah melakukan upaya penanggulangan untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan masyarakat korban banjir. Di antaranya memperbaiki fasilitas umum seperti saluran air bersih. 

"Kita akan melakukan langkah-langkah cepat, terutama kami akan segera menyediakan saluran air bersih yang terganggu hampir beberapa kilometer yang dibangun oleh desa, kita akan 'drop' kembali oleh pemerintah kabupaten," katanya.

Ia menyampaikan pemerintah daerah juga segera memperbaiki jembatan yang rusak. Terlebih kondisi jembatan tersebut sebelumnya memang sudah tidak layak digunakan.

"Kami akan memperbaiki jembatan yang rusak dan mungkin dapat dikategorikan tidak layak lagi dipakai, kami juga akan melakukan asesmen terhadap hal yang berhubungan dengan sawah yang terkena dampak," katanya.

Sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah Garut menyebabkan aliran Sungai Cikuya di Kecamatan Selaawi meluap dan merendam sebagian rumah warga yang tidak jauh dari bantaran sungai.