Pilkada 2020: PDIP-Golkar Berkoalisi di 46 Wilayah, dengan PKS 13 Wilayah
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Dokumentasi PDIP)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya telah membangun konsolidasi dengan sejumlah partai untuk berlaga di Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Dari sejumlah partai yang ada, PDIP paling banyak bekerja sama dengan Partai Golkar dan paling sedikit bekerja sama dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Menurut Hasto, PDIP dan Golkar bekerja sama di 46 daerah.

"Mengingat PDIP punya komitmen di dalam membangun semangat gotong royong, maka kerja sama dengan parpol juga dilakukan. Dari keseluruhan pasangan calon dan wakil calon kepala daerah maka kerja sama tertinggi dilakukan dengan Partai Golkar sebanyak 46 daerah," kata Hasto dalam konferensi pers secara daring, Jumat, 28 Agustus.

Selanjutnya, kerja sama terbanyak dijalin dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di 37 daerah. "PAN pimpinan Pak Zulhas dan sahabat saya Pak Eddy itu 34 daerah," ujarnya.

Kemudian, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu juga berkoalisi dengan partai yang dipimpin Prabowo Subianto, Gerindra di 33 daerah, Demokrat di 32 daerah, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di 19 daerah dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di 13 daerah.

Sementara untuk keseluruhan, PDI Perjuangan mencalonkan kader internal sebanyak 131 orang sebagai calon wali kota maupun bupati. Sedangkan untuk calon wakil wali kota maupun bupati ada 97 kader internal yang diusung PDIP.

Hasto juga menyebut PDIP mecalonkan dua kader mereka sebagai gubernur dan tiga orang sebagai calon wakil gubernur.

Dengan banyaknya kader internal yang maju dalam kontestasi politik, dia kemudian menyebut proses kaderisasi di partainya telah berjalan baik dan sistemik.

Lebih lanjut Hasto menjelaskan, ke depan partainya akan berusaha meningkatkan keterlibatan perempuan dalam politik. Sebab saat ini, hanya 25 persen atau 61 calon kepala daerah perempuan yang maju dari partainya.

"Tentu saja ke depan partai akan memberikan perhatian yang lebih besar terhadap gerakan perempuan termasuk terlibat aktif di dalam dunia politik," tegasnya.

Diketahui, PDIP telah mengumumkan calon kepala daerah secara bertahap dari mulai gelombang pertama hingga gelombang keempat. Sejumlah nama diusung oleh PDIP seperti anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka; menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution; anak Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, dan masih banyak lagi.