Habib Kribo Buka Suara, Video Soal Etnis Arab Respons Atas Pernyataan Bahar Smith dan Fahmi Alkatiri
Habib Kribo (Tangkap Layar Youtube)

Bagikan:

JAKARTA - Habib Zein Assegaf alias Habib Kribo memberikan klarifikasi setelah dirinya dituding melakukan penghinaan terhadap bangsa Arab. Lewat reels di akun Instagram-nya @assegafzen yang dikutip Kamis, 13 Januari, Habib Kribo menjawab semua tudingan tersebut. 

Saasaran utama dari klarifikasi Habib Kribo juga menyasar video dari seorang pria bernama Anis Prince Dache yang tidak terima bangsa Arab adalah bangsa yang tidak punya budaya dan tidak melahirkan intelektual.

"Sebelum buka mulut next, kamu belajar dulu, naikin level ilmu kamu dulu. Kalau kamu belum pernah belajar histori orang Arab, jangan buka mulut, karena ini bukan mainan. Kamu lagi enggak kritik satu orang, kamu lagi kritik full generation dan ini salah besar yang kamu lakuin," kata Anis dalam video.

Menurut Habib Kribo, Anis tidak mendengar utuh penjelasannya dalam video. Secara lengkap, tegas Habib Kribo, video tersebut merupakan respons atas pernyataan Habib Bahar dan Fahmi Alkatiri yang diduga melakukan penghinaan. 

"Ada satu konten TikTok saya lupa namanya dia menuduh saya semata hanya menghina etnis Arab. Anda memotong pembicaraan saya! Sikap saya itu untuk merespons ada dari Bahar dan si Alkatiri itu yang mengatakan etnis Melayu atau pribumi di sini kalau tidak ada orang Arab menyembah pohon dan tidak berbaju ini yang menjadi perhatian saya," tegas Habib Kribo.

"Bangsa Arab sebelum ada nabi itu jahiliyah ya, makanya diturunkan nabi," tegas Habib Kribo.

Habib Kribo justru merasa ironis saat ceramah Bahar soal tanpa bangsa Arab masih menyembah pohon, ataupun Fahmi Alkatiri yang jelas-jelas melakukan penghinaan justru tidak ada yang mengecam.

"Jadi saya tidak terima, silakan kalau anda ingin memperpanjang masalah ini terima kasih," tegas Habib Kribo.