Sesalkan Aksi Pria Tendang Sesajen, Wamenag Imbau Masyarakat Hormati Perbedaan Beragama
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid/Antara

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi menyesalkan aksi seorang pria yang menendang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru. Aksi tersebut terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial.

"Hal tersebut menunjukkan tumpulnya rasa kesadaran keberagamaan dalam masyarakat yang majemuk," ujar Zainud kepada wartawan, Kamis, 13 Januari.

Zainut menegaskan menendang sesajen termasuk bentuk perilaku tidak terpuji. Seharusnya, kata Zainut, pria itu menghormati perbedaan yang ada di Indonesia.

"Apa pun alasannya menendang sesajen itu satu bentuk tindakan yang tidak terpuji. Kita harus bisa saling menghormati perbedaan yang ada, kita tidak bisa memaksakan semua orang memiliki pemahaman dan keyakinan yang sama," tegasnya.

Ditegaskan Zainut, Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku, adat istiadat, budaya, dan agama. Karena itu, diwajibkan sikap toleransi.

"Sikap toleransi merupakan sikap yang menunjukkan keterbukaan untuk menerima, mendengar, dan menghormati orang lain yang berbeda pandangan dan keyakinan dengan kita," katanya.

Selain soal toleransi, kata Zainut, Islam juga melarang umatnya mencela apalagi menistakan agama lain. Termasuk melakukan tindakan-tindakan yang menjurus terhadap penghinaan terhadap agama lain. Padahal, Islam mengajarkan dakwah dengan cara yang baik.

"Islam mengajarkan dakwah dengan cara yang baik (ma'ruf), begitu juga mencegah kemungkaran harus dengan cara yang baik, tidak boleh dengan cara yang mungkar," jelasnya.

Zainut pun mengapresiasi pihak kepolisian yang bergerak cepat memburu pria tersebut. Dia berharap pria yang menendang sesajen itu mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, dan tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu kerukunan antarumat beragama," pungkasnya.

Diketahui, viral sebuah video berdurasi 30 detik memperlihatkan seorang pria mengenakan tutup kepala dan rompi berdiri lalu mendekat ke sebuah sesajen yang diletakkan di atas tanah.

Ada dua sesajen yang terlihat yakni buah dan nasi yang masing-masing berada di wadahnya. Sambil menunjuk ke sesajen pria itu berkata: "Ini yang membuat murka Allah. Jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah, hingga Allah menurunkan azabnya. Allahu Akbar," ucap pria tersebut.

Sedetik kemudian, pria itu membuang sesajen buah dan menendang sesajen nasi hingga jatuh.