Tanggul Sungai Citarum Longsor Menimpa 3 Rumah Warga di Bekasi, BPBD Lakukan Perbaikan Sementara
Kediaman warga terdampak longsor tanggul Sungai Citarum Kampung Tapak Serang, Desa Lenggahjaya (ANTARA)

Bagikan:

BEKASI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memperbaiki tanggul Sungai Citarum yang longsor hingga menimpa tiga rumah warga di RT 005/03 Kampung Tapak Serang, Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan, perbaikan tanggul longsor bersifat sementara dengan menempatkan karung berisi tanah tepat di area yang mengalami longsor.

"Untuk menghindari longsor susulan, kami meletakkan karung-karung yang diisi tanah supaya mampu menahan pondasi tanggul," katanya di Cikarang, Jawa Barat dilansir dari Antara, Rabu, 12 Januari. 

Selain perbaikan tanggul sementara BPBD Kabupaten Bekasi saat ini juga tengah membersihkan sisa-sisa longsoran di lokasi kejadian.

Henri menjelaskan tiga rumah warga mengalami kerusakan akibat insiden yang terjadi pada Selasa malam kemarin. Insiden itu berawal saat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah itu sekitar pukul 23.00 WIB.

"Hujan tersebut mengakibatkan tanah di area tanggul bergerak hingga terjadi longsor," katanya.

Tiga rumah warga masing-masing milik Naseh mengalami rusak ringan serta hancur di bagian dapur sementara kediaman Kasum rusak sedang di bagian tembok belakang.

Satu rumah lagi yakni milik keluarga Nata mengalami kerusakan yang paling parah di mana pondasi atap bagian belakang roboh hingga menimpa bangunan.

"Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Total kerugian masih kami estimasi," kata Henri.