Albertus Jehamin Tewas Tertimpa Pohon Tumbang di NTT Saat Sedang Bawa Motor
Pohon tumbang menimpa sepeda motor yang menewaskan pemotor di Desa Timbu, Kabupaten Manggarai, NTT (ANTARA/HO-BPBD Provinsi NTT)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur mengkonfirmasi seorang pelajar Albertus Jehamin asal Desa Golowoi Kabupaten Manggarai, Pulau Flores, tewas akibat tertimpa pohon yang tumbang.

"Korban tewas tertimpa pohon tumbang saat sedang mengendarai sepeda motor di jalanan pada Selasa (11/1) sore," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTT Ambrosius Kodo ketika dikonfirmasi di Kupang, Rabu 12 Januari dikutip Antara.

Ia menjelaskan peristiwa tersebut terjadi saat angin kencang disertai hujan yang mengakibatkan pohon kemiri tumbang di Jalan Kampung Lamba, Desa Timbu, Kecamatan Cibal Barat.

Korban yang merupakan seorang pelajar kelas XI SMA yang saat itu sedang mengendarai sepeda motor pun tidak bisa menghindari pohon yang tumbang dan menimpanya.

"Saat warga setempat melakukan evakuasi, korban diketahui sudah dalam keadaan meninggal dunia karena tertindih pohon," katanya.

Ambrosius mengatakan setelah korban dievakuasi, pihak BPBD Kabupaten Manggarai melalui Tim Reaksi Cepat bersama warga langsung membersihkan pohon yang tumbang sehingga akses jalan bisa digunakan kembali.

Ia menyebutkan bantuan juga telah disalurkan kepada keluarga korban berupa santunan duka cita dari BPBD kabupaten serta bahan pokok dari Dinas Sosial setempat.

Lebih lanjut Ambrosius mengingatkan kembali warga di NTT agar tetap meningkatkan kewaspadaan di tengah ancaman bencana akibat cuaca ekstrem di wilayah provinsi berbasiskan kepulauan itu.

Saat terjadi hujan deras dan angin kencang, kata dia warga harus mengurangi aktivitas di luar rumah termasuk tidak berkendara jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak.

"Kita sedang ada dalam ancaman bencana cuaca ekstrem sehingga kami mengimbau untuk peduli terhadap keselamatan diri," katanya.

Ambrosius menambahkan selain mewaspadai pohon tumbang, ancaman bencana lain yang harus diwaspadai saat terjadi cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, maupun sambaran petir.