Jokowi Akan Resmikan Bantuan untuk Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta Besok
Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Twitter @jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp600 ribu untuk pekerja dengan gaji atau upah di bawah Rp5 juta segera di-launching langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Insyaallah akan diagendakan launching bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah besok pada hari Kamis tanggal 27 Agustus 2020 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)," katanya, dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR yang disiarkan secara virtual, Rabu, 26 Agustus.

Menurut Ida, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan administrasi untuk proses transfer bantuan tahap pertama. Transfer akan mulai dilakukan pada akhir Agustus.

Lebih lanjut, Ida menjelaskan, Kementerian Ketenagakerjaan telah menerima data sebanyak 2,5 juta rekening calon penerima bantuan dari BP Jamsostek pada 24 Agustus.

"Mudah-mudahan seluruh proses ini berjalan sesuai dengan yang kita rencanakan. Kami rencanakan dilakukan per batch-nya (gelombang) per minggu sekurang-kurangnya 2,5 per batch per minggu akan kami lakukan (transfer)," tuturnya.

Ida mengatakan, tujuan dari program ini adalah untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja atau buruh dalam rangka penanganan dampak pandemi COVID-19.

Anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk program tersebut sebesar Rp37,8 triliun. Menurut Ida, dengan anggaran tersebut pihaknya akan menyasar penerima bantuan sebanyak 15,7 juta pekerja.

"Uang ini akan diberikan dalam bentuk sebesar Rp600.000 yang diberikan selama 4 bulan. Yang proses pemberiannya dilakukan secara bertahap per 2 bulan sekali," jelasnya.