PDIP Tak Mau Tergesa-gesa Bicara Siapa yang Bakal Maju di Pilgub DKI
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak mau tergesa-gesa bicara sosok calon kepala daerah yang akan diusung partai banteng pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan pihaknya memang memiliki sikap yang jelas mengenai Pilkada Serentak 2024, termasuk menyangkut DKI Jakarta. Namun, kata dia, saat ini PDIP tengah bekerja keras memenangkan Pemilu 2024 dengan lebih banyak turun ke masyarakat.

Sebab menurutnya, pilkada baru akan dilaksanakan pada akhir tahun 2024. Gelarannya lebih dulu pelaksanaan pemilu legislatif (Pileg) dan pemilu presiden (Pilpres).

“Pilkada serentak masih 2024, setelah pileg dan pilpres,” ujar Hasto, Kamis, 6 Januari.

Karena itu, kata Hasto, PDIP belum memutuskan nama calon gubernur DKI Jakarta. Partai yang dipimpin Megawati itu lebih memilih untuk mempersiapkan mesin partai sehingga bekerja maksimal dengan terus mendorong konsolidasi kader dan simpatisan partai serta rakyat.

“Jadi bagi PDIP, langkah-langkah strategis terbaik yang dilakukan Partai adalah bekerja ke bawah, memantapkan seluruh mesin politik Partai," ungkap Hasto.

Meski begitu, Hasto mengatakan PDIP memang tengah merancang gagasan tentang masa depan DKI. Tujuannya, kata dia, untuk mempercepat pembangunan Jakarta.

Sebab dia menilai, kemajuan DKI saat ini masih jauh jika dibandingkan pada kemajuan saat Ibu Kota sewaktu dipimpin Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Sebab praktis kemajuan dalam beberapa tahun terakhir masih jauh di bawah kemajuan ketika DKI dipimpin oleh Pak Jokowi, Pak Ahok dan Pak Djarot,” pungkas Hasto.