Dokter Ungkap Korban Pembantaian Militer Myanmar di Karenni Dibunuh dengan Cara Paling Kejam dan Tidak Manusiawi
Jasad warga sipil Myanmar. (Sumber: KNDF via Myanmar Now)

Bagikan:

JAKARTA - Keluarga korban pembantaian di Kotapraja Hpruso Negara Bagian Karenni (Kayah), bersama seorang dokter yang melakukan pemeriksaan post-mortem terhadap jenazah mereka telah mengungkapkan rincian baru, mengenai lusinan orang yang dibunuh dan dibakar oleh militer pada 24 Desember.

Pemerintah Persatuan Nasional (NUG) dan Dewan Konsultatif Negara Bagian Karenni (KSCC) berbagi foto, catatan medis dan bukti yang dikumpulkan dari lokasi kejahatan dalam konferensi pers online.

Bo Bo, wakil kepala polisi kotapraja dari Kepolisian Negara Bagian Karenni, jaringan penegakan hukum anti-junta yang terdiri dari petugas polisi yang ambil bagian dalam Gerakan Pembangkangan Sipil (CDM), berspekulasi bahwa hingga 49 orang bisa saja tewas dalam serangan itu. Jalan Moso-Kwaing Ngan dekat desa Moso, sekitar dua kilometer barat laut kota Hpruso.

Myanmar Now awalnya melaporkan bahwa setidaknya 35 mayat hangus dan beberapa kendaraan yang terbakar ditemukan oleh anggota kelompok perlawanan Pasukan Pertahanan Nasional Karenni (KNDF) di lokasi pinggir jalan pada pagi Natal. Mereka menuduh tentara Myanmar yang hadir di daerah itu melakukan pembantaian.

Bo Bo mengatakan pada Hari Senin, kelompok dokter yang melakukan pemeriksaan post-mortem berhasil melakukan otopsi pada 31 mayat, tetapi yang lainnya hancur total dalam api, hancur menjadi abu ketika disentuh, dan dikumpulkan dalam tiga kantong mayat.

Dua puluh enam korban yang dapat diperiksa diidentifikasi sebagai laki-laki, termasuk dua anak laki-laki yang diperkirakan berusia di bawah 17 tahun. Enam orang dipastikan perempuan, termasuk seorang gadis muda di bawah usia 12 tahun, kata Bo Bo.

jasad warga myanmar
Jasad warga sipil Myanmar. (Sumber: KNDF via Myanmar Now)

Seorang dokter yang melakukan otopsi pada mayat dan yang berbicara pada konferensi pers dengan syarat anonim mengkonfirmasi ringkasan petugas polisi Karenni dan menambahkan bahwa gadis itu berusia antara 10 dan 15 tahun.

"Saya pikir semua orang dapat membayangkan apakah mungkin seorang anak kecil di bawah usia 18 tahun mencoba menembak mereka," kata dokter, yang juga mengambil bagian dalam CDM, mengomentari kemungkinan yang tidak mungkin dilakukan oleh para korban, mengutip Myanmar Now 4 Januari.

"Mereka membunuh warga sipil yang tidak bersalah dan membakar mayat-mayat itu untuk menghancurkan bukti kejahatan mereka," geramnya.

Dokter juga memastikan, beberapa mayat yang diperiksa tangannya diikat ke belakang, disumpal, atau ada lubang di dada dan paru-parunya. Dia menambahkan, mereka hanya berhasil mengambil mayat tiga hari setelah kejadian, karena militer terus menembakkan peluru artileri ke siapa pun yang berusaha memasuki daerah itu.

Kendati demikian, analisis laboratorium belum menentukan apakah korban dibakar hidup-hidup. Dokter menyatakan belum bisa memastikan apakah luka bolong yang ditemukan pada jenazah tersebut disebabkan oleh peluru atau benda tajam.

"Kita bisa membayangkan betapa sakitnya mereka sebelum meninggal hanya dengan melihat bukti-buktinya," getinya.

Menggambarkan pengalaman melakukan pemeriksaan post-mortem, dia berkata, "Itu adalah hari di mana saya melihat mayat secara massal yang dibunuh dengan cara paling kejam dan tidak manusiawi yang pernah saya lihat sepanjang hidup saya."

myanmar
Kendaraan yang dibakar oleh tentara rezim militer Myanmar. (Sumber The Karenni Nationalities Defence Force (KNDF) via Myanmar Now)

Selain mayat, enam truk, dua mobil sipil, dua traktor dan enam sepeda motor juga dibakar, kata petugas polisi Negara Bagian Karenni Bo Bo, menambahkan mayat yang tidak dapat mereka periksa ditemukan terjepit di antara tiga truk, yang membawa tong minyak.

Dia menambahkan, dua mayat yang dapat diidentifikasi dikonfirmasi sebagai anggota staf kelompok bantuan internasional Save the Children, yang telah melaporkan staf mereka hilang setelah insiden tersebut. Empat jasad lainnya ditetapkan sebagai anggota Pasukan Penjaga Perbatasan (BGF), sebuah milisi yang beroperasi di bawah junta.

Anggota BGF terlihat di desa Moso pada jam 11 pagi tanggal 24 Desember, dan dilaporkan berusaha untuk merundingkan pembebasan warga sipil yang ditahan oleh militer. Belakangan dilaporkan mereka telah dieksekusi.

Sementara itu, istri warga Moso, Bu Reh, membenarkan bahwa traktor yang ditemukan hangus terbakar adalah yang dikendarai suaminya saat meninggalkan rumah. Sambil menangis, dia menjelaskan Bu Reh pergi dengan traktor sekitar pukul 7 pagi dan tidak pernah kembali.

"Ada penembakan hari itu dan saya harus melarikan diri seperti binatang. Keluarga kami mengalami banyak rasa sakit. Kami belum bisa makan dan kami menghabiskan hari-hari kami dengan menangis. Ini sangat mengecewakan karena anak-anak masih sangat kecil," tuturnya getir.

Dia mengungkapkan, sang suami hanya membawa pisau karena dia berencana untuk mengumpulkan bambu, jadi tidak mungkin dia mencoba menembak tentara, yang telah disiratkan oleh militer.

kendaraan dibakar
Kendaraan yang dibakar oleh tentara rezim militer Myanmar. (Sumber The Karenni Nationalities Defence Force (KNDF) via Myanmar Now)

Terpisah, dewan militer mengeluarkan pernyataan pada hari yang sama dengan pembantaian, mengatakan mereka melepaskan tembakan ke tujuh kendaraan 'mencurigakan' karena mereka menolak untuk berhenti ketika mereka menyuruh mereka melakukannya.

Rezim militer menuduh bahwa orang-orang di kendaraan menembak tentara dari truk dan mereka 'ditangkap mati' setelah baku tembak. Pernyataan itu tidak membahas laporan pembunuhan atau pembakaran barang bukti.

Adapun petugas informasi Junta Brigadir Jenderal Zaw Min Tun mengatakan kepada BBC Burma, 25 anggota kelompok perlawanan anti-junta Angkatan Pertahanan Rakyat tewas dalam insiden itu, dan di antara mereka adalah seorang wanita.

Keluarga korban, pimpinan NUG, dan polisi Negara Bagian Karenni secara kolektif menolak klaim militer, bahwa korban pembantaian adalah pejuang PDF yang menolak menghentikan kendaraan mereka untuk pasukan junta. Mereka menyatakan para korban adalah warga sipil.

Aung Myo Min, Menteri Hak Asasi Manusia NUG menunjukkan fakta semua mayat dan kendaraan dibakar di satu lokasi, menunjukkan militer kemungkinan berusaha untuk menghancurkan bukti kejahatan yang terjadi di sana.

Menanggapi anggota keluarga yang menuntut keadilan bagi orang yang mereka cintai yang terbunuh, Aung Myo Min berjanji NUG akan mengajukan kasus melawan junta di Pengadilan Kriminal Internasional, serta mengirimkan rincian pembantaian ke Mekanisme Investigasi Independen untuk Myanmar yang didirikan. oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB.

"Saya bersimpati dengan para korban dan kami melakukan yang terbaik, untuk mengambil tindakan hukum terhadap dewan militer dan para pemimpin rezim kudeta yang paling bertanggung jawab atas kejahatan keji ini," janjinya.

Kudeta Myanmar. Redaksi VOI terus menyatukan situasi politik di salah satu negara anggota ASEAN itu. Korban dari warga sipil terus berjatuhan. Pembaca bisa mengikuti berita seputar kudeta militer Myanmar dengan mengetuk tautan ini.