Varian Omicron dan Delta Landa Kongres AS, Anggota dan Staf yang Terinfeksi Terus Bertambah Meski Sudah Divaksinasi
Ilustrasi Capitol Hill di Washington D.C, Amerika Serikat. (Wikimedia Commons/Architect of the Capitol)

Bagikan:

JAKARTA - Kongres Amerika Serikat mengalami peningkatan kasus COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan tingkat positif tujuh hari di lokasi uji kongres melonjak menjadi 13 persen dari hanya 1 persen pada akhir November, kata dokter yang hadir di Capitol Hill, Washington D.C, Senin.

Sebagian besar infeksi virus corona di Capitol Hill telah terjadi di antara yang divaksinasi, dengan varian Omicron mewakili sekitar 61 persen dan varian Delta 38 persen, berdasarkan sampel terbatas pada 15 Desember, kata Dr. Brian Monahan kepada anggota parlemen dan staf dalam surat tertanggal 3 Januari

Lonjakan itu terjadi ketika jumlah kasus baru COVID-19 di Amerika Serikat meningkat dua kali lipat dalam tujuh hari terakhir, menjadi rata-rata 418.000 per hari, menurut penghitungan Reuters seperti dikutip 4 Januari.

Monahan mencatat, infeksi terobosan di antara yang divaksinasi di Capitol Hill tidak menyebabkan rawat inap, komplikasi serius atau kematian, sebuah fakta yang dia katakan menunjukkan pentingnya vaksinasi.

Kendati demikian, Pemerintah AS telah mendesak orang Amerika yang divaksinasi untuk mendapatkan booster dan untuk yang tidak divaksinasi, yang berisiko jauh lebih tinggi terkena kasus COVID-19 yang parah dan sekarat, untuk segera menerima vaksin.

Sekitar 65 persen kasus COVID-19 di Capitol bergejala, menurut surat itu. Dalam kasus lain, orang yang dites positif belum menunjukkan gejala.

Rencananya, Senat akan kembali pada Hari Senin setelah liburan akhir tahun, tetapi bertemu hanya untuk sesi singkat karena badai salju yang juga memaksa tempat pengujian Capitol ditutup lebih awal.

Dokter yang hadir tidak meminta perubahan apa pun dalam persyaratan yang ada untuk mengenakan masker di Capitol setiap kali orang lain hadir, meskipun ia menyarankan anggota dan staf untuk memakai masker tingkat medis daripada yang kain sederhana.

Dia juga mendesak kantor, komite, dan lembaga kongres untuk segera meninjau operasi dan mengadopsi "postur kerja jarak jauh yang maksimal", untuk mengurangi pertemuan langsung dan kegiatan di kantor.