Menkes Budi Gunadi: 34 Pasien COVID-19 Varian Omicron Dinyatakan Sembuh dan Sudah Kembali ke Rumah
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap saat ini 23 persen orang atau 34 pasien yang dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron sudah sembuh dan bisa kembali ke rumah. Adapun jumlah orang yang terpapar virus varian ini sudah mencapai 152.

"23 persen atau 34 orang sudah sembuh dan sudah kembali ke rumah," kata Budi dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 3 Januari.

Budi memaparkan sebagian pasien yang terpapar varian Omicron tidak mengalami gejala apapun. Sedangkan sisanya, mengalami sakit ringan namun tidak membutuhkan oksigen karena saturasinya masih di atas 95 persen.

"Jadi ya kita melihat bahwa sampai sekarang tidak ada yang membutuhkan perawatan serius di rumah sakit. Cukup dikasih obat dan vitamin mereka sudah bisa kembali ke rumah," ungkap eks Wakil Menteri BUMN tersebut.

Lebih lanjut, Budi meminta masyarakat untuk taat menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, bagi warga Indonesia yang baru datang dari luar negeri wajib menjalankan karantina sesuai aturan yang berlaku.

Penyebabnya, dari 152 pasien positif COVID-19 varian Omicron, 146 orang di antara adalah mereka yang baru pulang ke Tanah Air.

Selain itu, masyarakat diminta terus menggunakan PeduliLindungi apabila berada di tempat umum. Penggunaan aplikasi tersebut, sambung Budi, bertujuan untuk melakukan tracing atau pelacakan jika terjadi penyebaran kasus di suatu wilayah.

Apalagi, hal ini sudah dibuktikan saat pihaknya melacak pergerakan pasien COVID-19 varian Omicron yang beberapa waktu lalu sempat mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan.

"Ini ada satu orang transmisi lokal yang dari Medan, kita tahu tuh dalam lima hari mereka jalan-jalan ke mal di mana degan cepatnya dalam beberapa hari tu mereka sudah jalan keenam mal. Kita tahu restorannya yang dikunjungi mana, kita bisa langsung tes," pungkasnya.