Pangdam Siliwangi Perintahkan Bubarkan Keramaian Warga di Jalan Asia Afrika Bandung
Keramaian di Jalan Asia Afrika Bandung saat malam tahun baru/ANTARA

Bagikan:

BANDUNG -  Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III Siliwangi Mayjen TNI Agus Subianto memastikan segera membubarkan keramaian warga di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, yang menyambut malam Tahun Baru 2022.

"Massa nanti akan segera kita bubarkan karena kita tidak ingin setelah tahun baru ini timbul penambahan COVID-19," kata Agus saat mengecek pos pengamanan di Bandung dikutip Antara, Jumat, 31 Desember.

Menurutnya masyarakat perlu hati-hati terhadap penyebaran COVID-19 dengan menjauhi kerumunan. Pasalnya kini tingkat vaksinasi di Jawa Barat sudah baik, yakni sudah mencapai 75 persen.

"Di Jawa Barat ini sudah 75 persen kita divaksin, sehingga masyarakat juga harus mengerti dengan situasi yang ada," katanya.

Nantinya, kata dia, aparat TNI dari setiap Koramil bakal dikerahkan untuk membantu aparat kepolisian guna membubarkan masyarakat yang masih berkumpul.

Adapun pada saat pembubaran, kata dia, Jalan Asia Afrika akan dibuka sebagai akses masyarakat untuk mengosongkan wilayah tersebut.

"Tadi kan kita tutup Asia Afrika, Pak Kapolda sudah sampaikan bahwa supaya masyarakat yang berkumpul bisa membubarkan diri," kata dia.

Pada pukul 21.00 WIB, situasi di kawasan tersebut cukup ramai dipadati masyarakat meski Jalan Asia Afrika tersebut telah ditutup sementara oleh kepolisian.

Hingga pukul 22.00 WIB, nampak masyarakat juga masih memadati wilayah tersebut untuk menyambut pergantian tahun baru. Sedangkan arus lalu lintas untuk sementara dialihkan guna menghindari pusat kepadatan di Jalan Asia Afrika.