Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya menerbitkan pecahan uang kertas Rp75.000 sebagai bentuk peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga meluncurkan empat seri prangko edisi terbatas.

Salah satu prangko yang diluncurkan bergambar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sedangkan seri lainnya didedikasikan untuk mengabadikan perjuangan melawan COVID-19.

"Prangko memiliki aktualitas atau peristiwa yang terjadi pada suatu waktu. Meski pun kepingan kecil, tapi, sangat sarat makna mengandung berbagai fenomena," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam keterangan pers Kominfo, Rabu, 19 Agustus. 

Menurut Ma'ruf prangko kini telah mengalami pergeseran makna, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang pesat. Meski begitu, prangko telah menjadi bagian penting dari setiap peristiwa bersejarah bangsa dan masyarakat Indonesia.

Makna tersebut digambarkan dalam seri penanggulangan Covid-19 yang menjadi bentuk penghargaan kepada tenaga kesehatan yang berada dalam garda terdepan dalam melawan pandemi. "Salah satu wujud apresasi Pemerintah kepada para dokter dan tenaga medis yang telah menujukkan semangat dan integritas yang tiggi untuk membantu sesama dalam menghadapi pandemi,” tuturnya.

Tangkapan layar Kominfo saat meluncurkan empat seri Prangko terbatas (YouTube Kominfo TV)

Makna Perangko

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menerangkan empat seri prangko yang diterbitkan hari ini. Pertama adalah seri prangko Presiden dan Wakil Presiden RI, kedua seri 75 tahun Indonesia, berikutnya seri penanggulangan Covid-19 dan terakhir seri artis grup musik ternama.

"Prangko memiliki nilai yang tinggi dalam hubungan internasional, pendidikan, dan sebagai media promosi bagi segala kekayaan dan keunggulan bangsa dan negara kita. Serta menjadi alat untuk mengabadikan peristiwa yang sifatnya fenomenal," kata Johnny.

Johnny menjelaskan, untuk prangko seri ulang tahun kemerdekaan ke-75 Indonesia, tidak hanya terkait mengandung nilai intrinsik tetapi juga memorabilia, tetapi juga perjuangan Indonesia melawan pandemi Covid-19. Prangko ini menjadi bentuk apresiasi bagi tenaga medis dan semua pihak yang berjuang memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

"Mereka masih terus berjuang dalam penanggulangan Covid-19 yang merupakan tanggung jawab bersama kita sebagai bangsa. Kita patut mengungkapkan rasa terima kasih kepada tenaga kesehatan, dan semua pihak yang terlibat yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi saat ini," jelasnya.

Sementara, prangko seni artis dan grup musik ternama untuk memberikan penghargaan kepada artis dan grup musik yang telah berjasa dalam mengembangkan seni musik Indonesia sera mendorong kemajuan dunia seni musik serta mensosialisasikan nilai-nilai budaya luhur dan perjuangan di ranah air melalui lagu-lagu yang dibuat.

Adapun, seniman atau artis dan grup musik yang diabadikan dalam seri prangko ini adalah Gesang, Bimbo, Gombloh, Panbers, Koes Plus, Titiek Puspa, God Bless, dan Chrisye.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan, penerbitan keempat seri prangko tersebut dilakukan secara bersamaan karena semangat dan pesan yang disampaikan selaras dengan nuansa dan nilai-nilai perjuangan dalam rangka merayakan hari ulang tahun kemerdekaan ke-75 Indonesia.