VIDEO: Pujian Golkar Bagi Jokowi yang Berhasil Kendalikan Pandemi
DOK VIDEO/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Partai Golkar memberikan catatan atas dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Di mana pada awal periode ini, sudah muncul tantangan terbesar yakni pandemi COVID-19.

Sedikit mengingat ke belakang, kasus pertama COVID-19 ditemukan di Wuhan, China. Menurut timeline COVID-19 yang diterbitkan oleh WHO, pada 31 Desember 2019, Wuhan Municipal Health Commission melaporkan kasus pertamanya sebagai varian virus baru. Hanya berselang 3 bulan dari kasus Wuhan, yaitu di 2 Maret 2020, kasus pertama di Indonesia diumumkan.

"Artinya, hanya berselang 5 bulan setelah pelantikan Jokowi-Maruf, pandemi COVID-19 terjadi di Indonesia," ujar politikus Partai Golkar, Emanuel Melkiades Laka Lena, saat konferensi pers dua tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf di kantor DPP Partai Golkar, Jumat, 22 Oktober.

Namun, Melki melanjutkan, Kabinet Indonesia Maju di bawah kendali Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin telah berhasil menjawab tantangan tersebut dengan baik dengan terkendalinya pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Kasus dan kematian yang dikonfirmasi setiap hari telah menurun tajam. Secara total terdapat 96,23 persen kasus COVID-19 kini sudah sembuh total. Bahkan terdapat 21 persen penurunan jumlah kasus dibandingkan minggu sebelumnya serta 32,7 persen penurunan jumlah kematian dibandingkan minggu sebelumnya," jelas Wakil Ketua Komisi IX DPR itu.

Dibandingkan negara lain, kata Melki, kejadian COVID-19 per 1 juta penduduk di Indonesia tergolong rendah yaitu 3,53 kasus dan Angka reproduksi kasus (Rt) sebesar 0,7. 

Indonesia bahkan telah melewati masa puncak kasus aktif COVID-19 yang terjadi 24 Juli 2021 dengan adanya 574.135 kasus aktif.

Pernyataan Golkar simak di video ini: