Menhub Minta Protokol Kesehatan Ketat di Transportasi Darat
Ilustrasi (Foto: kai.id)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, transportasi darat punya peran penting menggerakan roda perekonomian. Karenanya, pengelola transportasi darat diminta menerapkan secara ketat protokol kesehatan.

Budi mengatakan penyesuaian di masa pandemi memang harus dilakukan di sektor transportasi. Penyesuaian di antaranya ketentuan pembatasan penumpang untuk menjaga jarak antar pengguna. Sebab di era kebiasaan baru ini, keselamatan pengguna menjadi aspek penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

"Jadi kita tidak boleh lalai, pandemi kita hadapi tetapi kita harus move on dengan kegiatan-kegiatan. Kita memberikan layanan-layanan kepada masyarakat, karena kita tidak ingin terpapar dan nanti ada juga yang terkapar karena tidak ada ekonomi," tuturnya dalam diskusi virtual, Rabu, 19 Agustus.

Budi meminta, seluruh operator moda angkutan darat kooperatif mengikuti aturan pemerintah atas pelaksanaan protokol kesehatan di era kebiasaan baru ini.

Menurut Budi, penanganan kesehatan harus sejalan dengan pemulihan ekonomi. Dia berharap, sektor transportasi dapat berkontribus lebih terhadap percepatan proses pemulihan ekonomi nasional.

"Kita sebagai stakeholder, pelaku harus meyakinkan bahwa kesehatan menghadapi dan berteman dengan COVID harus menjadi sebagai bagian dari keseharian kita," katanya.

Budi mengatakan, transportasi memiliki peran penting untuk menghubungkan satu wilayah dengan yang wilayah lain. Transportasi juga menjadi urat nadi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.

"Tranportasi adalah simpul konektivitas yang mengikat, merajut keberagaman identitas baik suku, budaya, ras, maupun bahasa. Kehadiran pemerintah melalui Kementerian Perhubungan penting. Kita harus memikirkan yang terdepan, terluar, terpencil untuk memperkokoh keberagaman," katanya.