Maratua, Destinasi Andalan Kabupaten Berau yang Diminati Wisatawan Mancanegara
ILUSTRASI/Pulau Derawan Kabupaten Berau Kaltim/FOTO VIA ANTARA HO Disbudpar

Bagikan:

JAKARTA - Pulau Maratua merupakan pulau kecil terluar di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Keindahan Pulau Maratua bahkan sangat tersohor hingga ke mancanegara. Destinasi wisata ini menjadi andalan pemerintah setempat untuk menarik kunjungan wisatawan.

"Kabupaten Berau itu memiliki beberapa destinasi wisata. Salah satunya yang hari ini kami andalkan adalah wisata bahari tepatnya di Pulau Maratua," ujar Wakil Bupati Berau Gamalis kepada VOI, ditemui di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beberapa waktu lalu.

Pulau Maratua juga mendapat julukan sebagai serpihan surga dunia. Karena, memiliki keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan dan menjadi tempat menyelam atau spot diving favorit bagi para penyelam.

Karena saat menyelam atau sekadar snorkeling, wisatawan dapat menyaksikan berbagai jenis hewan. Seperti, ikan hiu, kuda laut, belut pilat dan lainnya. Namun, jika beruntung wisatawan juga bisa melihat penyu hijau dan manta raksasa.

Karena eksotisme pulau ini, tidak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang memutuskan untuk berkunjung ke sana.

Wakil Bupati Berau Gamalis (Foto: Mery Handayani/VOI)

 

Tak hanya itu, Gamalis menjelaskan di Maratua ada event yang juga mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara yakni Maratua Jazz. Itu karena event ini disebut sebagai satu-satunya gelaran musik jazz yang diadakan di tengah laut, bersanding dengan keindahan surga bahari di sekelilingnya.

"Event Maratua Jazz akan digelar kembali. Tahun 2020-2021 ini ditiadakan karena pandemi COVID-19," tuturnya.

Maratua di masa depan juga digadang-gadang akan menjadi destinasi wisata unggulan untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim, mengingat makin pesatnya industri wisata di Tanah Air.

"Kita akan terus promosikan potensi wisata Berau sebagai salah satu daerah penyangga IKN di Kalimantan Timur," ujarnya.