DPR Curiga Kasus Pertama Omicron di Indonesia Masuk Melalui Penerbangan
ILUSTRASI DOK VOI/Wisma Atlet Kemayoran Jakarta

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena mencurigai kasus pertama varian Omicron yang terdeteksi pada seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet masuk ke Indonesia melalui jalur penerbangan.

"Dengan masuknya Omicron ke Tanah Air melalui petugas kebersihan di Wisma Atlet ini tentu memberikan pesan bahwa benar titik penularan yang paling mungkin adalah melalui pintu masuk melalui udara, dalam hal ini mereka yang baru pulang dari luar negeri. Mungkin saja sudah membawa virus Omicron ini dan kemudian terkena pada seorang petugas kebersihan," ujar Melki kepada wartawan, Kamis, 16 Desember. 

Namun, politikus Golkar itu mengapresiasi keterbukaan pemerintah, melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, terkait ditemukannya Omicron di Indonesia. Menurutnya, pengumuman ini penting agar masyarakat terus waspada di tengah dinamika pandemi COVID-19.

"Perlu kami apresiasi karena keterbukaan ini penting sehingga semua masyarakat kita tetap waspada, antisipatif, dan disiplin dalam melihat perkembangan yang terjadi," kata Melki.

Selanjutnya, Melki meminta pemerintah melalui Kemenkes memperketat tracing dalam mendeteksi varian Omicron. Disatu sisi, masyarakat juga diimbau agar makin memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes).

"Bagi seluruh kita warga masyarakat agar setelah resmi diumumkan Omicron sudah ada di Tanah Air kita lebih memperketat lagi dan disiplin terkait prokes, 5M harus kita perketat dan disiplin menjalankan ini semua, deteksi lebih masih masif, lebih kencang lagi kita lakukan di Tanah Air, terutama di pintu masuk orang luar atau WNI yang baru datang, kemudian testing dan tracing harus diperluas di seluruh tanah air," imbau Melki.

Legislator dapil NTT itu mendorong pemerintah untuk terus memastikan penanganan Omicron terkendali, salah satunya dengan meningkatkan fasilitas kesehatan dan persediaan obat.

"Kemudian persiapan hal penanganan dan perawatan harus kita pastikan juga sekarang siap, baik di rumah sakit maupun fasilitas yang lain, kesiapan obat yang dibutuhkan juga, sarana dan prasarana penanganan COVID-19 harus dipersiapkan dengan baik," kata Melki.

Melki juga mengimbau masyarakat agar saling bekerja sama mencegah Omicron merebak di Tanah Air saat menjelang liburan Natal dan tahun baru 2022. 

"Kita sebentar lagi libur Natal dan tahun baru. Kita persiapkan ini semua dengan baik sehingga masyarakat bisa saling bahu-membahu mencegah merebaknya Omicron di Tanah Air," kata Melki.

"Saya percaya dengan sinergi kita semua Omicron ini bisa kita lewati dengan baik, berhasil seperti pengalaman kita kemarin melewati varian Delta dengan baik," pungkasnya.