Kemenkeu dan BI akan Rilis Uang Baru untuk Peringati Kemerdekaan RI ke-75
Ilustrasi foto (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan meluncurkan uang baru dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun. Uang tersebut merupakan edisi khusus.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari membenarkan rencana peluncuran uang baru tersebut. Acara peluncuran uang baru edisi koleksi ini akan diadakan pada Senin, 17 Agustus.

"Betul. Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia akan meluncurkan uang baru," katanya, kepada media, Minggu, 16 Agustus.

Rahayu menjelaskan, karena masa pandemi COVID-19 peluncuran uang baru ini, dilaksanakan secara virtual. Pemerintah mengambil langkah ini untuk mencegah penyebaran virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini.

"Secara Virtual, sesuai undangan dari BI," tuturnya.

Peresmian pengeluaran uang peringatan Kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia ini akan dihadiri oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 17 Agustus, pukul 11.15 hingg 11.45 WIB, yang bisa disaksikan melalui live streaming di kanal YouTube Bank Indonesia.

Uang baru peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia ini nantinya akan diserahkan secara simbolis kepada keluarga Proklamator secara virtual sebagai Token of Appreciation (ToA).