Bagikan:

JAKARTA - Bakal Calon (Balon) Gubernur di Provinsi Jambi sudah mengerucut menjadi empat pasangan. Namun, empat Balon itu belum memenuhi syarat dukungan partai.

Dengan demikian, empat Balon ini masih berburu dukungan dari partai politik mencalonkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Lobi terhadap partai pendukung oleh bakal calon kepala daerah masih intens dilakukan, lobi terhadap partai bisa berubah tergantung intensitas komunikasi yang di bangun oleh calon kepala daerah dengan elite partai,” kata Pengamat Politik Jambi As’ad Isma dilansir Antara, Sabtu, 16 Agustus.

Adapun empat Balon itu adalah Fachrori Umar yang merupakan petahana akan berpasangan dengan Syahrial. Selanjutnya Cek Endra–Ratu Munawaroh; Al Haris-Abdullah Sani; dan Syarif Fasha Asafri Jaya Bakrie.

Dengan belum terpenuhinya syarat itu, masing masing bakal calon kepala daerah tersebut hingga saat ini masih intens melakukan lobi lobi politik terhadap elite partai politik di ibu kota.

Menurut dia, banyak kemungkinan yang akan terjadi dalam pemilihan Gubernur Jambi pada tahun 2020. Peluang empat bakal calon Gubernur Jambi bertarung memperebutkan jabatan gubernur masih terbuka.

Harapannya, empat Balon gubernur tersebut mendapatkan dukungan partai, agar pemilihan kepala daerah dapat berjalan demokratis dan gesekan yang terjadi saat pilkada minim.