Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta menyatakan terdapat empat bakal calon (balon) independen atau perseorangan pada Pilgub Jakarta yang tidak menyerahkan syarat dukungan hingga batas terakhir jadwal penyerahan Minggu 12 Mei pukul 23.59 WIB.

"Terakhir ada lima yang sudah berkonsultasi, dan hanya satu pasangan, yakni Dharma Pongrekun-Kun Wardana yang menyerahkan berkas syarat dukungan ke KPU Jakarta hingga batas akhir penyerahan," kata anggota KPU Jakarta Dody Wijaya di Jakarta, Senin 13 Mei.

Ia mengatakan keempat bakal calon tersebut adalah Noer Fajriansyah yang belum mengajukan akses sistem informasi pencalonan (Silon) dan belum menyerahkan syarat dukungan. 

Kemudian Sudirman Said yang sudah meminta akses Silon ke KPU Jakarta, tetapi belum menyerahkan syarat dukungan hingga batas akhir penyerahan. 

Selain itu, Poempida Hidayatullah yang sudah meminta akses Silon, tetapi belum menyerahkan syarat dukungan. Terakhir, John Muhammad yang meminta akses Silon di hari terakhir penyerahan berkas, juga belum menyerahkan syarat dukungan

"Sampai Minggu pukul 23.59 WIB, hanya satu bakal pasangan calon perseorangan yang kami lakukan penerimaan dan akan kami lakukan pemeriksaan apakah sudah memenuhi syarat awal atau belum," kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Jakarta Wahyu Dinata mengatakan pihaknya akan memproses syarat dukungan pasangan calon secara bertahap. "Saat ini kami dalam proses pemeriksaan, setelah itu akan dilihat dokumen fisik dan digital yang mereka siapkan," kata dia.

Menurut dia, setelah memenuhi syarat minimal, KPU akan keluarkan tanda diterima. "Jika tidak memenuhi syarat minimal, kami akan kembalikan dokumennya," kata dia.

Sesuai keputusan KPU Jakarta Nomor 47 Tahun 2024, bakal calon independen harus memiliki dukungan masyarakat sebesar 7,5% dari total daftar pemilih tetap (DPT) Jakarta pada pemilu sebelumnya. 

Jumlah DPT Jakarta pada Pilpres 2024 sebanyak 8,2 juta pemilih, sehingga calon independen harus menyerahkan 618.968 KTP untuk membuktikan dukungan bagi dirinya dalam Pilgub Jakarta.