Setelah Mobil Isyana Bagoes Jadi Korban, Imbauan Hati-hati Kini Terpasang di Sumur Resapan Amblas Lebak Bulus
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Imbauan hati-hati saat melintas kini sudah terpasang dipasang di sekitar sumur resapan amblas di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Tak hanya itu, perbaikan berupa pengaspalan jalan juga sudah dilakukan setelah mobil milik Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Isyana Bagoes Oka terperosok ke dalamnya.

Hal ini diungkap Isyana dalam video yang diunggah di akun Twitter miliknya @IsyanaBagoesOka. Pada video berdurasi sekitar 2 menit tersebut, dia menunjukkan kondisi sekitar lokasi di mana mobilnya terperosok.

"Saya mau kasih lihat lokasinya ya. Sekarang sudah ada tanda. Ini, sekarang sudah ada tanda imbauan hati-hati saat melintas," kata Isyana dalam video tersebut sambil menunjukkan sebuah plang berwarna kuning yang dikutip Sabtu, 11 Desember.

Dia mengatakan saat mobil miliknya terperosok, plang imbauan tersebut tidak ada. Selain plang, sebuah tali pembatas juga dibentangkan untuk membatasi agar mobil tidak melewati bagian sumur resapan tersebut.

Isyana kemudian menceritakan kronologi mobilnya bisa terperosok. Kata dia, mobil saat itu digunakan sopirnya untuk membelikan makan siang pada Rabu, 8 Desember lalu sekitar pukul 12.00 WIB.

Setelah selesai membeli makan, Isyana bilang, ketika putar balik dan melewati sumur resapan yang belum ditandai atau terdapat imbauan tiba-tiba mobil langsung terperosok.

"Waktu itu belum ada garis (tali, red) ini jadi begitu parkir dia putar balik mau jalan kembali ke arah komplek tanpa adanya garis pembatas ini. Jadi ya tidak tahu kalau misalnya ada kemungkinan akan jeblos," ungkapnya.

Isyana kemudian menanyakan kepada sang sopir yang juga hadir di lokasi tersebut apa benar dia bolak-balik. Sebab, ada keterangan menyatakan mobil yang terperosok itu sempat bolak-balik.

"Jadi, kamu kemarin bolak-balik di atas sini?" tanya Isyana kepada sang sopir.

"Tidak, cuma posisi kepala menghadap sana (ke arah Jalan Lebak Bulus, red) kemudian saya putar balik lalu saya lewat tengah," ungkap si sopir.

"Putar balik ya, bukan bolak-balik?"

"Bukan," kali ini pertanyaan itu dijawab oleh seorang pria bernama Arnold yang membantu saat mobil milik Isyana terperosok.

Sebagai informasi, sumur resapan atau drainase vertikal di Ibu Kota menjadi sorotan belakangan ini. Menyadari hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan penyelesaian masalah ini menjadi tanggung jawab kontraktor sebagai pemegang vendor proyek sumur resapan.

Anies bilang, Pemprov DKI akan melakukan tindakan tegas berupa penalti kepada kontraktor yang mengerjakan sumur resapan dengan spesifikasi di bawah standar dari yang disepakati.

"Tentu kami akan bertindak tegas jika terjadi permasalahan melalui mekanisme penalti terhadap kontraktor terkait jika terdapat penyimpangan," kata Anies dalam keterangannya, Senin, 6 Desember.