Kirim 3 Ton Jeruk untuk Jokowi, Warga Karo Harap Presiden Bantu Perbaiki Infrastruktur Jalan yang Memprihatinkan
Oleh-oleh dari warga Karo Sumut untuk Presiden Jokowi/FOTO ISTIMEWA

Bagikan:

MEDAN - Sebanyak 3 ton jeruk dikirimkan warga Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tokoh Masyarakat Liang Melas Datas, Setia Sembiring mengatakan, jeruk tersebut merupakan hasil panen dari masyarakat yang dikumpulkan untuk dikirim ke Istana Negara di Jakarta. Jeruk tersebut dibawa menggunakan truk yang juga diikuti oleh rombongan masyarakat. 

"Kami mau mengantar oleh-oleh sama Bapak Presiden Joko Widodo. Kami dari Liang Melas mengantar oleh-oleh, ada buah jeruk," kata Setia Sembiring saat ia dan rombongan singgah di Simpang Pos, Jalan Jamin Ginting, Medan, Jumat, 3 Desember. 

Setia mengatakan, pengiriman jeruk dilakukan agar Presiden Joko Widodo bisa lebih memerhatikan masyarakat Liang Melas Datas. Sebab menurutnya, kondisi infrastruktur di daerahnya sangat memprihatinkan dan sudah dibiarkan selama bertahun-tahun. 

Kondisi jalan yang rusak parah membuat masyarakat kesulitan untuk membawa hasil panen ke luar daerah. Bahkan, harga jasa angkut barang mahal dibandingkan harga hasil panen. 

"Untuk mengangkut barang agak susah, tak bisa keluar, payah, mobilnya harus ditarik- tarik. Kalau jalannya sudah bagus, kondisi pertanian kami akan meningkat," ungkapnya.  

Dia menyebut pihaknya sudah pernah menyampaikan terkait kondisi jalan tersebut ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo. Namun, Pemkab beralasan anggaran yang diberikan pemerintah pusat tidak mencukupi. 

"Jadi, kami ingin mengatakan sama pak Jokowi agar dia bisa membantu daerah Karo, khususnya daerah Liang Melas Latas agar bisa menambah dana pembangunan di sana," jelasnya.

Diketahui, masyarakat Liang Melas Datas ini terdiri dari 6 desa dan 3 dusun yang tersebar di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Tiga Binanga, Kecamatan Mardinding, dan Kecamatan Lau Baleng. 

Ada pun 6 desa dan 3 dusun itu, yakni Desa Kutambelin, Desa Pola Tebu, Desa Kuta Pengkih, Desa Suka Julu, Desa Batu Mamak dan Desa Kutambaru. Lalu, Dusun Cerumbu, Dusun Kendit dan Dusun Barisan.