Bos Unilever: COVID-19 Bikin Orang Jarang Beli Es Krim
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Direktur Unilever Indonesia Hemant Bakshi mengakui ada beberapa kategori produk penjualan perseroan yang cukup terdampak akibat pelemahan daya beli masyarakat selama periode pandemi COVID-19.

"Salah satu kategori yang terimbas adalah es krim karena banyak orang yang tidak keluar rumah dan kemungkinan punya uang yang terbatas," katanya, dalam acara "Gotong Royong #JagaUMKMIndonesia: Stimulus Pemerintah Untuk Perkuat UMKM", Selasa, 11 Agustus.

Unilever adalah pemilik brand es krim kenamaan, Walls. Beberapa nama es krim yang sudah sangat familiar adalah Paddle Pop, Feast, Populaire, Dung-Dung, Ice Cream Sandwich, Magnum, Cornetto, dan Solero.

Namun, kata Hemant, perseroan cukup beruntung karena beroperasi di sektor konsumer yang juga menyajikan kebutuhan pokok masyarakat dengan permintaan yang relatif cukup baik.

Bahkan, menurut dia, perubahan signifikan selama pandemi COVID-19 dari pertumbuhan permintaan yang meningkatkan penjualan kategori produk kebersihan tangan, kebersihan rumah hingga produk persiapan makanan.

Hemant mengatakan, periode awal pandemi merupakan waktu yang penting bagi perseroan untuk melakukan efisiensi dalam hal inovasi produk. Dia berujar, hal ini terbukti dari pengembangan produk yang awalnya berkisar sembilan bulan bulan sebelum diluncurkan ke pasar, kini bisa dipercepat karena produktivitas karyawan selama masa bekerja dari rumah.

"Kami menemukan cara kerja baru di bisnis kami. Selama pandemi, kita butuh produk kesehatan yang bisa menghentikan penyebaran virus, dan kurang dari 8 bulan kami bisa memberikan produk tersebut ke pasar," jelasnya.

Sekadar informasi, selama 2020 ini Unilever juga telah meluncurkan beberapa inovasi yang sangat relevan untuk menjawab kebutuhan konsumen di tengah pandemi. Di antaranya adalah Lifebuoy Hand Sanitizer, Sahaja Spray Higienis, serta Wipol Disinfectant Spray.

Tak hanya itu, Unilever juga mengeluarkan Wipol Surface Disinfecting Wipes. Selanjutnya, pada kategori Personal Care, Unilever meluncurkan Vaseline Hand Cream Anti-Bacterial.