Prakiraan Cuaca BMKG: Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Masuk Waspada Banjir
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai angin kencang dan kilat, membuat beberapa wilayah masuk dalam kategori waspada banjir.

Dilansir Antara, berdasarkan informasi cuaca yang dikutip dari situs BMKG dari Jakarta pada Kamis, 2 Desember BMKG memperingatkan potensi hujan lebat di Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Potensi serupa dapat terjadi juga di wilayah Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku dan Papua Barat.

Sementara wilayah lain yang kemungkinan mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan adalah Sumatera Barat, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tenggara.

Khusus untuk Jakarta, sebagian besar wilayah akan mengalami cuaca cerah berawan sepanjang hari meski BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi hujan di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Barat pada sore dan jelang malam hari.

BMKG juga memperingatkan sejumlah wilayah masuk dalam kategori waspada banjir pada hari ini yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

BMKG menjelaskan bahwa siklon tropis "Nyatoh" terpantau di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina dan bergerak ke arah barat laut menjauhi wilayah Indoensia. Sistem itu membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di Laut Sulawesi bagian utara yang berperan dalam peningkatan potensi awan hujan.

Terpantau juga bibit siklon tropis 94W di barat laut Aceh yang bergerak ke barat laut menjauhi Indonesia dan bibit siklon tropis 92S yang berada di Samudera Hindia barat daya Lampung yang bergerak ke arah tenggara.